Rashford, Garnacho dan Eriksen Cetak Brace Saat MU Hajar Barnsley di Carabao Cup

JAKARTA - Manchester United sama sekali tidak kesulitan mengatasi klub Liga 2 Barnsley di babak keempat Carabao Cup. Dalam duel di Stadion Old Trafford, Rabu, 18 September 2024 dini hari WIB, Marcus Rashford, Alejandro Garnacho dan Christian Eriksen mencetak brace saat MU menghajar Barnsley 7-0.

Tak ada hambatan sama sekali saat MU melakoni babak awal Carabao Cup. Manajer Erik ten Hag pun tak menurunkan skuat terbaik saat menjamu tim dari League One atau kasta kedua Liga Inggris ini.

Kiper Andre Onana, bek Lisandro Martinez, Kobbie Mainoo tak dimainkan di laga tersebut. Sementara, bek Matthijs de Ligt, Noussair Mazraoui, Bruno Fernandes dan Joshua Zirkzee baru bermain di babak kedua.

Posisi Onana digantikan kiper muda Altay Bayindir. Dirinya dibentengi duo bek senior Harry Maguire dan Jonny Evans. Sedangkan Rashford berperan sebagai 'false nine' karena Zirkzee dibangkucadangkan Ten Hag.

Pemain sayap Antony yang tengah mendapat sorotan karena performanya yang merosot kembali mendapat kesempatan menjadi starter. Demikian pula Garnacho yang belakangan gagal menunjukkan performa terbaik diturunkan sejak menit pertama.

Meski tampil dengan komposisi pemain yang berbeda, MU masih terlalu kuat bagi tim lawan. Barnsley sempat menahan MU selama 15 menit pertama.

Namun Rashford kemudian memecah kebuntuan setelah menyelesaikan assist Garnacho. Ini untuk kedua kalinya Rashford membobol gawang lawan setelah mencetak gol saat MU menang 3-0 atas Southampton di kompetisi Premier League Inggris, akhir pekan lalu.

Selanjutnya, Antony memperbesar keunggulan The Red Devils lewat titik penalti di menit 35. Tuan rumah kian tak terbendung setelah Garnacho memantapkan keunggulan menjelang akhir babak pertama. Gol Garnacho tercipta lewat kolaborasi pemain sayap timnas Argentina ini dengan Rashford. Skor 3-0 pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, MU tetap tancap gas menekan pertahanan Barnsley. Pertandingan baru berjalan lima menit, Garnacho mencetak brace yang mengubah skor menjadi 4-0. Dia menyelesaikan umpan matang Rashford.

MU sudah tak terbendung. Tuan rumah kembali menambah gol di menit 58. Kali ini, giliran Rashford yang mencetak gol keduanya setelah bekerja sama dengan Garnacho.

MU masih belum puas menambah gol. Eriksen sukses mencetak dua gol hanya dalam tempo empat menit. Gelandang veteran Denmark ini menyelesaikan dua umpan dari Fernandes di menit 81 dan 85. Skor berubah menjadi 7-0 untuk MU dan bertahan hingga akhir laga.

Ten Hag menunjukkan kepuasannya dengan penampilan dan kemenangan besar MU. Menurut dia laga itu menjadi momentum kebangkitan tim sekaligus berupaya menjaga konsistensi. Hal yang belum terlihat di tim MU musim ini.

"Begitulah, sepak bola adalah sepak bola. Kadang Anda di atas dan kadang di bawah. Kami juga menggunakan pertandingan ini untuk meraih momentum dan berusaha untuk tetap konsisten," ucap Ten Hag.

"Menurut saya gol pertama dari Marcus sungguh sangat bagus. Begitu pula gol-gol lainnya. Kami bermain cepat dan tajam di depan gawang. Kuncinya adalah sikap yang tepat dan 100% fokus," kata dia lagi.

Usai menghadap Barnsley, mereka bertemu Crystal Palace di kompetisi domestik. Selanjutnya MU menghadapi Twente di Liga Europa.