China Open 2024: Ginting Tekuk Chico

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting melangkah ke babak kedua China Open 2024 setelah berhasil menghentikan rekan senegaranya, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Ginting menjaga harapannya di ajang berlevel Super 1000 BWF ini setelah menang dua gim langsung 21-18 dan 21-17 di Olympic Sport Center Gymansium, China, pada Selasa, 17 September 2024, siang WIB.

"Hari ini pertandingan yang cukup ketat melawan Chico. Skornya kejar-kejaran, jarak antarpoin sekalipun sempat unggul jauh atau tertinggal jauh tetap sama-sama tidak putus asa," ujar Ginting dalam keterangan.

Duel tersebut merupakan bentrok kompetitif kedua antara kedua tunggal putra tersebut. Sebelumnya, pada pertemuan pertama tahun 2022 di Malaysia Masters, duel mereka dimenangi oleh Chico.

Anthony mengatakan bahwa sekalipun jarang bersua di panggung turnamen, ia dan Chico sudah saling mengenal permainan karena mereka sama-sama berada di pemusatan latihan (Pelatnas) PBSI Cipayung.

"Kami sudah tahu kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jadi, tadi yang membedakan hanya penggunaan strategi yang tepat dalam mengatasi kondisi di lapangan," ujar dia.

Selanjutnya, Ginting akan bersua dengan unggulan pertama tuan rumah China, Shi Yuqi. Pertarungan tersebut bakalan menjadi bentrok ke-12 antara mereka.

Pada 11 kali pertemuan sebelumnya, Shi Yuqi tercatat punya kemenangan paling banyak. Pemain yang saat ini menempati peringkat satu dunia tersebut memimpin rekor menang-kalah 9-2.

Pada China Open 2024, Indonesia total menurunkan sebanyak 10 wakil. Jumlah tersebut terdiri dari tiga tunggal putra, satu tunggal putri, lima ganda putra, dan satu ganda campuran.