KAI Catat 114.000 Tiket Jelang Libur Maulid Nabi 2024 Sudah Ludes Terjual

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mencatat sebanyak 114.000 tiket keberangkatan selama periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah pada 13-17 September sudah ludes terjual.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan, sejumlah kota tujuan favorit penumpang termasuk Yogyakarta, Malang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Semarang.

Mengingat jumlah penumpang masih mungkin bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung, pihaknya pun menambah armada dengan KA 7002A Taksaka Tambahan relasi Gambir–Yogyakarta yang berangkat dari Stasiun Gambir pada Sabtu, 14 September dan Minggu, 15 September pukul 18.40 WIB.

Terkait volume penumpang hari ini, ia menuturkan bahwa total penumpang berangkat dari seluruh stasiun di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta mencapai 35.500 orang, dengan jumlah terbanyak dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, yakni masing-masing 16.500 orang dan 12.300 orang.

Dia menyatakan, jumlah ini meningkat 12 persen dibandingkan dengan Jumat sebelumnya 6 September, yang mencatatkan 31.457 penumpang.

“Setiap long weekend merupakan momen dimana jumlah penumpang kereta api meningkat secara signifikan,” ujar Ixfan dilansir ANTARA, Jumat, 13 September.

Selain menyiapkan kereta api tambahan, Ixfan menyatakan bahwa pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan "Sapa Pelanggan" untuk memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan pelanggan, mendengarkan langsung masukan pelanggan, serta menciptakan atmosfer positif selama perjalanan pada periode libur panjang kali ini.

“KAI melakukan pendekatan personal untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan dan harapan mereka terkait layanan kereta api, serta membangun citra positif perusahaan melalui interaksi yang ramah dan mendukung,” ucapnya.

Kegiatan "Sapa Pelanggan" tersebut akan dilaksanakan pada 14-16 September berfokus pada pelanggan loyal, anak-anak, dan penumpang yang berulang tahun di atas kereta api keberangkatan dari Stasiun Gambir serta KA 12 Argo Sindoro, KA 60 Bima, KA 36 Argo Parahyangan, dan KA 28 Argo Cheribon.

Pelanggan yang beruntung akan mendapatkan suvenir sebagai tanda apresiasi serta dapat berfoto bersama kru kereta api sebagai kenang-kenangan yang dapat diunggah di media sosial dengan hashtag #SapaPelangganKAI.

“Interaksi langsung ini diharapkan dapat menciptakan kesan positif, meningkatkan loyalitas, dan memperkuat hubungan antara perusahaan dengan pengguna jasa kereta api. Ini juga merupakan langkah nyata dalam menciptakan budaya pelayanan yang lebih personal dan mengedepankan kepuasan pelanggan,” imbuh Ixfan.