Cara Menonaktifkan Fitur Autocorrect di Aplikasi Gboard

JAKARTA – Gboard, keyboard virtual buatan Google, memiliki opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan autocorrect. Fitur ini biasanya tersedia di berbagai jenis keyboard virtual untuk memperbaiki teks yang salah.

Dengan adanya fitur ini, Gboard bisa menyadari jika pengguna melakukan kesalahan ketik atau kesalahan ejaan dan memperbaikinya ke teks yang dianggap benar. Autocorrect biasanya menyesuaikan penggantian teks dengan kata-kata yang sering digunakan penggunanya.

Hal ini bisa menjadi masalah bagi beberapa pengguna yang ingin mengubah penulisan mereka atau ingin menuliskan sesuatu dengan gaya bahasa yang berbeda. Misalnya, Anda ingin menulis bahasa Inggris, tetapi keyboard membacanya sebagai bahasa Indonesia.

Kesalahan ini mungkin membuat Anda ingin mematikan autocorrect. Menonaktifkan fitur ini tidak sulit karena Anda hanya perlu membuka keyboard seperti biasa, tetapi keyboard yang digunakan harus Gboard untuk memudahkan penghentian fitur.

Pertama, buka pengaturan ponsel, ketuk menu Sistem, lalu klik menu Keyboard. Setelah itu, ketuk Papan Ketik Layar dan pilih aplikasi Gboard. Jika keyboard virtual itu sudah digunakan, buka aplikasi apa pun hingga jendela keyboard muncul.

Anda harus mengeklik dan menahan tanda koma hingga ikon pengaturan muncul, lalu klik ikon tersebut dan pilih menu Koreksi Teks. Setelah itu, gulir layar untuk mencari tombol Koreksi dan klik toggle button di samping opsi Autocorrect.

Jika Anda justru ingin menggunakan fitur tersebut, Anda bisa melakukan tahapan yang sama dan mengeklik tombol Autocorrect hingga aktif. Fitur biasanya mendukung pengetikan cepat dan formal, sesuai dengan bahasa Autocorrect yang dipilih.