Profil Letjen TNI Purn AM Putranto Timses Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen

YOGYAKARTA - Profil Letjen TNI Purn AM Putranto banyak dicari setelah menjadi Ketua Tim Pemenangan gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen.

AM Putranto adalah sosok yang namanya tak asing di dunia militer Indonesia, telah mengabdikan diri selama puluhan tahun dalam menjaga kedaulatan negara.

Profil Letjen TNI Purn AM Putranto

  • Lulusan Akmil

Dilansir dari Wikipedia, AM Putranto adalah lulusan Akmil 1987 yang telah menempuh berbagai pendidikan militer, termasuk Sekolah Staf dan Komando, hingga meraih puncak karier sebagai Komandan Kodiklat TNI AD.

  • Asisten Menteri Pertahanan

Dengan pengalaman panjang sebagai perwira tinggi TNI, Letjen TNI (Purn.) Anto Mukti Putranto yang lahir 26 Februari 1964, kini berkontribusi dalam pengembangan alutsista matra darat sebagai Asisten Khusus Menteri Pertahanan.

Transisi AM Putranto dari dunia militer ke pemerintahan menunjukkan komitmennya dalam melanjutkan pengabdian bagi negara.

  • Karir Awal

Mengawali abad ke-21, Putranto mengemban amanah sebagai Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 433/Julu Siri di Makassar. Selanjutnya, ia dipercaya memimpin Kodim Maros dan Kodim Makassar.

Kemudian puncak karier militernya di luar negeri dicapai ketika ia ditunjuk sebagai Komandan Kontingen Garuda XXIII-B dalam misi perdamaian PBB di Lebanon pada periode 2007-2008.

  • Memimpin Pasukan Elit

Setelah berhasil menjalankan tugas sebagai Komandan Batalyon Mekanis dalam misi perdamaian di Lebanon, AM Putranto kembali ke tanah air dan dipercayakan memimpin Brigade Infanteri Lintas Udara 18.

Pengalaman AM Putranto dalam memimpin pasukan elit ini semakin terasah ketika ia ditunjuk sebagai Komandan Resimen Taruna Akademi Militer di Magelang.

Puncak karir AM Putranto di tingkat strategis adalah saat menjabat sebagai Komandan Korem 061/Suryakencana pada tahun 2012.

  • Puncak Karir

Karier militernya terus menanjak seiring dengan semakin beratnya tanggung jawab yang diemban. Tahun 2013 menjadi titik balik ketika beliau dipercaya memimpin PMPP TNI dengan pangkat Brigadir Jenderal.

Kemudian tiga tahun kemudian, berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/463/VI/2016, beliau resmi menyandang pangkat Mayor Jenderal dan ditunjuk sebagai Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad.

Karir militer AM Putranto mencapai puncak saat menjabat sebagai Komandan Kodiklatad, menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Setelah pensiun dengan pangkat Letnan Jenderal, AM Putranto aktif berkontribusi di pemerintahan sebagai Asisten Khusus Menteri Pertahanan.

Karir militer AM Putranto mencapai puncak saat menjabat sebagai Komandan Kodiklatad (X)
  • Penggemar Otomotif

AM Putranto merupakan sosok yang multitalenta. Selain prestasinya di militer, ia juga dikenal sebagai tokoh otomotif yang berpengaruh.

Sebagai Ketua Badan Pembina IMI dan anggota berbagai komunitas otomotif, ia telah memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan dunia otomotif, khususnya off-road. Penghargaan IMI Sumsel Awards 2018 menjadi bukti nyata atas dedikasinya.

  • Ditunjuk jadi Tim Pemenangan

Berdasarkan penunjukan langsung dari Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Letjen TNI (Purn.) Anto Mukti Putranto telah ditunjuk untuk memimpin tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen, dalam Pilkada Jateng 2024.

Penunjukan AM Putranto ini disampaikan Putranto saat deklarasi pembentukan tim pemenangan di Semarang pada Sabtu, 7 September 2024.

Selain profil Letjen TNI Purn AM Putranto, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!