Airlangga Ungkap Strategi Jaga Perekonomian

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan beberapa strategi pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di level 5 persen hingga akhir tahun.

Airlangga menyampaikan strateginya yaitu menjaga harga-harga kebutuhan pokok sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga dengan baik.

"Inflasi inti tetap tinggi, namun ada penurunan inflasi itu dari volatile food yang memang diurus oleh komite pengendalian inflasi yang saya pimpin, memang makanan diturunkan," tuturnya usai melakukan rapat di Istana Garuda, Jumat, 13 September.

Airlangga menambahkan kebijakan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kelas menengah yaitu Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang ditanggung pemerintah untuk properti dan otomotif.

"Kebijakan yang ke masyarakat langsung, yaitu kelas menengah, antara lain PPN yang ditanggung pemerintah dan PPN sektor otomotif semuanya digenjot di Kuartal IV ini, sehingga pertumbuhan terjaga 5 persen," ucapnya.

Airlangga menyampaikan pemerintah juga menggenjot belanja pemerintah agar serapan lebih optimal dan memberikan dampak ke masyarakat.

"Terakhir yang bisa kita genjot adalah belanja pemerintah, biasanya kan 95 persen kalau bisa kita genjot lebih baik," ujarnya.