Ridwan Kamil Berencana Perluas Jalur TransJakarta hingga Bogor, Tangerang dan Bekasi

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil berencana memperluas jalur TransJakarta ke wilayah aglomerasi seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Pernyataan itu disampaikannya usai bertemu dengan mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso di kediamanya, Kamis, 12 September.

"Nah satu hal tentunya yang kita simpulkan adalah hal-hal baik dijaman Pak Sutiyoso khususnya tentang transportasi berbasis bus ya, atau Busway (TransJakarta)," ujar Ridwan Kamil.

Menurutnya, perluasan jalur tranportasi umum berbasis bus itu perlu dilakukan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat.

"Tentunya di era kita nanti karena jakarta punya kewajiban aglomerasi idealnya busway tidak berhenti di batas politik administratif tapi diteruskan ke sekeliling aglomerasi, Bekasi, Bogor, Tangerang," sebutnya

Sebab, tak dipungkiri, jutaan masyarakat yang tinggal di wilayah aglomerasi itu berbondong-bondong datang ke Jakarta di pagi hari untuk bekerja.

Pun, pulang di malam hari. Hal inipun yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kemacetan di Jakarta.

"Sehingga sekian juta orang yang bekerja siang di Jakarta, malamnya pulang ke aglomerasi bisa kita layani juga dengan konsep yang dulu diinisiasi, Januari 2002 busway itu diluncurkan oleh Pak Sutiyoso," kata Ridwan Kamil.