Menteri Basuki Pastikan Jokowi Berangkat Besok untuk Berkantor di IKN

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengatakan, semua fasilitas penunjang kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di IKN sudah disiapkan dengan baik. Ini berkaitan dengan rencana Jokowi untuk berkantor di IKN mulai besok hingga 40 hari ke depan.

"Besok Pak Presiden (Jokowi) akan berangkat (ke IKN)," ujar Basuki saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 September.

Basuki menyebut, bahwa fasilitas kantor presiden juga sudah siap digunakan. Meski begitu, ia enggan berkomentar ihwal nasib kantor presiden setelah Presiden Jokowi pensiun.

"Tanya ke presiden terpilih (apakah akan berkantor juga di IKN)," katanya.

Di samping itu, Basuki juga bilang bahwa proyek landasan pacu atau runway Bandara VVIP di IKN sepanjang 2.200 meter (m) sudah rampung dan siap menyambut kedatangan Jokowi.

"Insyaallah, bandara sudah selesai dan makanya saya mau lihat besok," ucap Basuki.

Dia menambahkan, untuk landasan pacu atau runway, pengerjaan sudah diselesaikan namun belum sepenuhnya. Basuki bilang, tersisa pekerjaan pemasangan lampu landasan yang masih harus segera diselesaikan agar runway siap beroperasi seratus persen.

"Saya kira, kan, harus ada lampu lampu dulu itu yang belum mudah-mudahan bisa segera," imbuhnya.

Sebelumnya, Basuki menargetkan panjang runway Bandara VVIP IKN bisa tembus 2.200 meter selesai pada Senin malam, 9 September 2024. Landasan ini diharap siap digunakan untuk Presiden Jokowi untuk kepindahannya.

"Sekarang sudah 2.100 (meter) lebih panjang landasannya dari yang dibutuhkan 2.200 m. Jadi, saya kira mudah-mudahan sore ini atau malam ini sudah bisa 2.200," ungkapnya.