Nurul Akmal Pecahkan Rekor PON dan Dapat Emas

JAKARTA – Lifter asal Aceh, Nurul Akmal, sukses memecahkan rekor Pekan Olahraga Nasional (PON) setelah mendapat medali emas pada edisi tahun ini yang berlangsung di Aceh-Sumatera Utara 2024.

Atlet yang akrab disapa Amel itu berjaya di kelas +87 kilogram dengan total angkatan 248 kilogram saat berlaga di Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), Aceh, pada Selasa, 10 September 2024.

Ia memecahkan rekor PON pada angkatan clean and jerk dengan total beban 143 kilogram, mengungguli rekor sebelumnya di angka 142 kilogram. Adapun pada angkatan snatch ia berhasil dengan 105 kilogram.

Amel yang ditunjuk sebagai penyulut api di kaldron utama saat upacara pembukaan PON 2024 adalah penyumbang medali emas keempat bagi tim angkat besi Aceh.

Pada kelas yang diikuti Amel ini, medali perak diamankan oleh atlet Jambi, Jihan Syahrini, yang sukses dengan total angkatan 225 kilogram. Adapun medali perunggu didapat Rizka Oktaviana dari Kalimantan Barat dengan total angkatan 219 kilogram.

"Dia satu-satunya atlet angkat besi putri dari Aceh yang sukses merebut medali emas pada tiga kali PON berturut-turut," kata kepala pelatih tim angkat besi Aceh, Effendi Eria, dalam keterangan yang diterima.

Amel sebelumnya juga tercatat naik podium tertinggi untuk membawa pulang medali emas ketika PON berlangsung di Jawa Barat pada 2016 dan PON 2021 di Papua.

Sebelum tampil di PON 2024, atlet berusia 31 tahun itu adalah bagian dari Kontingen Indonesia yang tampil di Olimpiade Paris 2024 pada Juli-Agustus 2024.

Ketika itu dia gagal mempersembahkan medali buat Indonesia. Dia tercatat menempati peringkat ke-12 pada kelas +81 kilogram putri saat tampil pada hari terakhir ajang itu di Paris Expo Porte de Versailles, Minggu, 11 Agustus 2024.