Meme Token, Alasan Kenapa Token Tema Anjing dan Kucing Jadi Incaran

JAKARTA - Dunia aset digital menjadi salah satu sumber pendapatan para investor di era digital. Meme token menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mendapat keuntungan tinggi tanpa perlu bekerja. Rivalitas tinggi sekarang ada pada token tema anjing dan kucing yang bisa dikenal yang sedang mendominasi perhatian investor termasuk di Indonesia.

Persaingan pasar membuat para investor perlu memilih satu di antara dua koin terbaik di atas. Untuk meme token anjing, dominasinya dikenal dengan Dogecoin dan Shiba Inu. Gambar atau lambang ikoniknya berupa anjing sering dijadikan sebagai lelucon.

Istilah lain dari meme token Shiba Inu yakni Dogecoin Killer karena memiliki tujuan ambisius untuk menjadi pesaing pasar Dogecoin. Fitur yang disediakan juga cukup banyak sehingga untuk popularitasnya bisa bersaing dengan meme lain. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang meme token dan perbedaan antara token tema anjing dan kucing:

Perbandingan Doge coin, PEPE, Shiba dan Dogwifhat, Siapa yang Pimpin Pasar Token Meme?

Membandingkan semua token meme di atas memang tergolong sulit karena semuanya bersaing ketat untuk pimpin pasar. Doge coin bisa dikatakan sebagai meme asli yang memegang posisi mendominasi dan punya kapitalisasi pasar besar. Shiba Inu juga punya popularitas tinggi yang dikenal dengan meme token SHIB.

1. Shiba Inu atau SHIB

Pertama, Shiba Inu sebagai koin atau token yang meluncur pada tahun 2020. Kehadiran Shiba Inu bertujuan sebagai alternatif untuk DOGE dalam ekosistem Ethereum atau ETH. Memiliki incubator tersendiri yang memungkinkan token tidak bisa ditukarkan dan membuat meme token Shiba Inu eksklusif.

Pasokan dana yang beredar pada Shiba Inu berkisar Rp590 triliun token dengan kapitalisasi pasarnya lebih dari 5 miliar dolar. Wajar jika SHIB sudah familiar di pasaran dan mampu bersaing sebagai meme token dengan banyak fakta menarik di dalamnya.

2. Doge Coin

Kedua ada Doge Coin sebagai meme token atau meme asli yang diciptakan tahun 2013 yang artinya sebelum SHIB muncul. Teknologi dasar yang dimiliki Doge Coin meledak popularitasnya sampai melampaui harapan siapa pun. DOGE hadir sebagai salah satu teknologi terkini dari sebuah meme token dan cabang dari berbagai investasi digital.

Operasional Doge Coin sendiri tanpa menggunakan model deflasi dan kepemilikan tak terbatas. Kapitalisasi pasarnya sampai akhir tahun 2024 ini adalah 13,24 miliar dolar. DOGE terus dipuji oleh berbagai publik figur sehingga popularitasnya juga ikut naik. Belum lagi di media sosial, Doge Coin punya pengikut besar sehingga untuk mencari tahu informasinya akan jauh lebih mudah.

3. Pepe

Pepe Coin atau PEPE merupakan meme terbaru yang hadir tahun 2024 karena peluncurannya baru tahun 2023 lalu. Tak butuh waktu lama, Pepe langsung punya kapitalisasi pasar melejit yakni 1 miliar dolar. Tujuan utama proyek Pepe adalah untuk memaksimalkan fungsi koin meme raksasa seperti DOGE dan SHIB yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Sejumlah fitur insentif diberikan sebagai daya tarik pengguna termasuk kebijakan bebas pajak sampai hadiah. Menariknya lagi tidak ada yang tahu siapa pencipta PEPE namun meme tokennya justru menarik perhatian. Valuasi PEPE terus meningkat sampai 1,6 miliar dolar pada bulan Mei 2023. Naik turun kapitalisasi pasar PEPE sangat wajar terjadi karena menjadi koin baru.

4. Dogwifhat

Hampir sama dengan PEPE, Dogwifhat masih tergolong baru di pasaran yakni baru meluncur pada November 2023 lalu. Melihat pertumbuhan awal meme Dogwifhat hampir sama dengan token Shiba Inu yang artinya Dogwifhat bisa populer nantinya. Lonjakan volume perdagangan yang ditunjukkan oleh Dogwifhat sehingga bisa stabil di masa depan.

Hanya saja minat pada Dogwifhat masih tergolong kecil bahkan mengalami penurunan. Meski demikian, Dogwifhat pasti punya cara tersendiri untuk membangkitkan kembali token miliknya. Keberhasilan Dogwifhat akan sama dengan PEPE yakni bergantung pada kuatnya komunitas di pasaran. Faktor inilah yang bisa menjadi daya tarik tak tertandingi.

Kenaikan kapitalisasi pasar yang pernah terjadi di Dogwifhat adalah 7%. Jumlah kenaikan tersebut tidak bisa dianggap remeh karena tergolong tinggi. Minat investor pemula akan tertuju pada token baru seperti PEPE dan Dogwifhat jika mereka suka tantangan. Semuanya punya keunggulan dan kekurangan tersendiri di setiap meme tokennya.

Jika ditanya mana yang terbaik antara empat meme token di atas maka tergantung pribadi yang melihatnya. Mengingat PEPE masih tergolong baru dan catatannya belum terlalu terlihat maka DOGE dan Shib masih unggul. Ekosistem yang dimiliki oleh SHIB di DeFi dan sekitarnya membuat SHIB satu langkah lebih unggul.

Dogwifhat sendiri selaku token yang masih sangat baru belum bisa dikatakan menjadi pesaing pasar meme token sebelumnya. SHIB, DOGE dan PEPE akan terus menguasai kapitalisasi pasar dan ketiganya bersaing dengan gayanya sendiri.