Minyak Almond untuk Rambut, Ketahui Manfaat serta Cara Penggunaannya

JAKARTA - Jadikan rambut Anda lembut dan lembap dengan kebaikan minyak almond. Pelajari manfaat serta cara-cara menakjubkan menggunakan minyak almond untuk rambut dan tingkatkan rutinitas perawatan rambut Anda.

Berikut beberapa manfaat minyak almond untuk rambut yang perlu diketahui, melansir Pinkvilla, Selasa, 10 September.

Menenangkan Rambut Kering

Emolien berperan penting dalam melembutkan dan menutrisi rambut. Emolien meningkatkan hidrasi kulit dan meredakan gejala kondisi kulit kering, termasuk dermatitis atopik. Minyak almond, sebagai emolien, membantu mengunci kelembapan di kulit kepala, membuat rambut lebih lembap dan terhidrasi. Rambut yang mengalami dehidrasi terasa kasar dan lebih rentan patah. Sehingga, memijat rambut dengan minyak almond dapat membantu melembapkan rambut, membuatnya lebih lembut dan mudah diatur.

Melindungi Rambut dari Kerusakan UV

Paparan sinar matahari yang berlebihan pada rambut menyebabkan kerusakan pada serat rambut dan juga menyebabkan kerusakan struktural pada batang rambut. Lebih jauh, sinar UV juga menyebabkan hilangnya protein pada rambut, yang selanjutnya melemahkan folikel rambut, sehingga menyebabkan kering dan rapuh. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari juga membuat seseorang kehilangan pigmen rambut, yang menyebabkan rambut beruban lebih awal.

Salah satu manfaat utama minyak almond adalah kandungan asam lemaknya terbukti ampuh melindungi rambut dari kerusakan struktural akibat sinar UV. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa penggunaan minyak almond secara topikal dapat membantu memperlambat proses penuaan dini akibat sinar matahari.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak almond juga berperan meningkatkan elastisitas rambut. Elastisitas rambut dikenal sebagai kemampuan rambut meregang dan kembali ke bentuk alaminya. Menjaga elastisitas rambut penting untuk mencegah rambut patah. Hilangnya elastisitas sebagian besar terjadi pada rambut yang mengalami dehidrasi, yang menyebabkan rambut rapuh dan lebih rentan patah.

Minyak almond dapat digunakan dalam berbagai cara untuk meningkatkan kilau rambut, memperkuat kutikula rambut, dan meremajakan rambut. Berikut beberapa cara menyenangkan untuk memasukkan minyak almond ke dalam rutinitas perawatan rambut dan mendapatkan rambut mengembang dan sehat:

Pijatkan ke Rambut 

Salah satu cara terbaik menggunakan minyak almond untuk pertumbuhan rambut adalah menggunakannya sebagai minyak rambut. Jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca dingin dan kering, Anda dapat menghangatkan minyak sedikit sebelum menggunakannya. Atau, cukup tuangkan beberapa tetes minyak ke telapak tangan, gosok dengan lembut, dan pijatkan ke rambut, mulai dari akar hingga ujung.

Anda dapat membiarkan minyak pada rambut semalaman dan membilas keesokan harinya. Anda juga dapat mencampur minyak almond dengan minyak lain, seperti minyak kelapa, minyak argan, atau minyak jojoba guna menenangkan kondisi kulit kepala kering.

Campurkan dengan Kondisioner

Minyak almond membantu memperbaiki rambut serta kulit kepala kering. Jadi, jika kulit kepala terasa kering, campurkan beberapa tetes minyak almond dengan kondisioner biasa atau masker kondisioner buatan sendiri untuk mendapatkan rambut yang lebih lembut dan sehat. Oleskan ini ke rambut lembap, dan tunggu selama 5 hingga 8 menit sebelum membilasnya.

Buat DIY perawatan rambut

Anda dapat mencampur minyak almond dengan minyak lain seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak argan. Serta berbagai bahan ramah rambut lainnya seperti lidah buaya, kembang sepatu untuk meningkatkan kesehatan rambut.