Hong Kong Open 2024: Indonesia Punya 12 Wakil

JAKARTA – Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) resmi mengumumkan 12 wakil Merah-Putih yang akan bermain di Hong Kong Open 2024 pekan ini.

Turnamen berlevel Super 500 BWF tersebut digelar dari Selasa, 10 September 2024, sampai Minggu, 15 September 2024 di Hong Kong Coliseum.

Indonesia punya wakil di semua lima sektor yang ada. Ganda putra menjadi sektor dengan wakil terbanyak, yakni sebanyak empat pasangan.

Mereka adalah Bagas Maulana/Leo Rolly Carnando, Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani.

Menyusul dengan wakil terbanyak kedua adalah sektor tunggal putra dan putri. Kedua nomor ini masing-masing mengirim tiga wakil.

Dari tunggal putra, Jonatan Christie yang sebelumnya absen di Jepang dan Korea Open 2024 karena harus menemani istrinya melahirkan, termasuk salah satu di antaranya.

Hong Kong Open 2024 adalah turnamen pertama peraih medali emas Asian Games 2018 itu sejak tampil di Olimpiade Paris 2024 pada Juli-Agustus 2024. Dia akan ditemani oleh Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Adapun sektor tunggal putri punya tiga nama yang dikirim, yaitu Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Komang Ayu Cahya Dewi.

Sama seperti Jonatan, Hong Kong Open 2024 juga merupakan turnamen perdana yang diikuti oleh Gregoria sejak Olimpiade 2024.

Gregoria, yang meraih perunggu di Olimpiade Paris 2024, juga melewatkan Jepang dan Korea Open 2024 karena tertular virus cacar air dan terserang flu.

Terakhir, dua wakil Indonesia lainnya adalah ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi dan ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Daftar Wakil Indonesia di Hong Kong Open 2024

Tunggal Putra

Jonatan Christie

Anthony Sinisuka Ginting

Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung

Putri Kusuma Wardani

Komang Ayu Cahya Dewi

Ganda Putra

Bagas Maulana/Leo Rolly Carnando

Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani

Ganda Putri

Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja