Serangan Israel ke Suriah Tewaskan 14 Orang, Targetkan Pusat Penelitian Senjata Kimia

JAKARTA - Sebanyak 14 orang tewas pada Minggu malam dalam sejumlah serangan Israel yang menargetkan sekitar Masyaf, kota di provinsi Hama, Suriah.

Dilansir Reuters, Senin, 9 September, dua sumber intelijen regional mengatakan pusat penelitian militer besar untuk produksi senjata kimia yang terletak di dekat Misyaf telah diserang beberapa kali.

Bangunan ini diyakini menampung tim ahli militer Iran yang terlibat dalam produksi senjata.

Belum ada komentar langsung dari Israel yang biasanya tidak mengomentari laporan spesifik mengenai serangan di Suriah.

Sejak serangan Hamas terhadap warga sipil dan tentara Israel pada 7 Oktober, Israel telah meningkatkan serangannya terhadap sasaran milisi yang didukung Iran di Suriah dan juga menyerang pertahanan udara tentara Suriah dan beberapa pasukan Suriah.

“Sekitar pukul 23.20 Minggu malam, musuh Israel melancarkan agresi udara dari arah barat laut Lebanon, menargetkan sejumlah lokasi militer di wilayah tengah (Suriah),” kata sumber militer kepada kantor berita SANA.

“Sistem pertahanan udara kami menghadapi rudal-rudal agresi dan menembak jatuh beberapa di antaranya,” sambung sumber itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Seorang pejabat kesehatan setempat yang dikutip SANA mengatakan 43 orang terluka, termasuk beberapa orang kritis, dalam serangan tersebut.

Media pemerintah Suriah juga melaporkan serangan tersebut menyebabkan dua kebakaran.