Mengenal Apa itu Sinkhole, Bencana Lubang Besar yang Menelan Korban Jiwa di Malaysia

YOGYAKARTA – Insiden wisatawan jatuh ke dalam sinkhole di, Kuala Lumpur, Malaysia sedang menjadi sorotan. Simak apa itu sinkhole dalam ulasan berikut ini.

Peristiwa naas itu terjadi pada 23 Agustus 2024 silam. Korban diketahui bernama Vijataletchhummy (48), seorang turis berkebangsaan India. Ia menghilang setelah terjatuh ke dalam sinkhole sedalam delapan meter.

Menyadur Antara, korban terjatuh ketika sedang berjalan ke kuil terdekat di Dang Wangi, Kuala Lumpur. Hingga Sabtu, 31 Agustus 2024 pencarian belum membuahkan hasil. Pemerintah setempat kemudian menghentikan proses pencarian dengan alasan sudah terlalu berbahaya.

Apa itu Sinkhole?

Menyadur laman Geology Science, sinkhole adalah tanah amblas yang disebabkan oleh ketidakmampuan drainase dalam menampung air atau aliran airnya terlalu deras sehingga terbentuklah lubang kisaran kedalam mulai 1 hingga 100 kaki.

Mengutip USGS, sinkhole dapat terjadi di medan karst. Medan ini mempunyai jenis batuan yang dapat larut oleh air dan berada di bawah permukaan tanah.

Ketika air hujan bergerak ke bawah melalui tanah, batuan ini bisa larut. Alhasil, jika tanah di atas tidak kuat, maka permukannya bisa runtuh atau amblas secara tiba-tiba.

Adapun jenis batuan yang dapat larut dalam air yakni batu kapur, batuan karbonat, lapisan haram, serta batuan yang secara alami dapat dilarutkan air tanah. Ketika batuan ini larut, makar uang dan gua-gua bawah tanah akan terbentuk.

Apa Penyebab Terjadinya Sinkhole?

Menurut Departement of Enviromental Protection, sinkhole bisa disebabkan oleh kondisi alam ataupun aktivitas manusia.

Secara lebih rinci, berikut ini adalah beberapa penyebab utama terjadinya sinkhole:

  • Pelapukan karena air tanah.
  • Penurunan permukaan air tanah.
  • Perubahan gradien air tanah.
  • Perubahan sistem hidrologi yang membuatnya tidak stabil.
  • Pengeboran tanah.
  • Pemompaan air tanah (sumur dan tambang).
  • Kebocoran pipa saluran pembuangan.
  • Beban berat di permukaan (bangunan dan peralatan berat).
  • Adanya bak penampungan air (kolam dan bendungan).

Negara Mana Saja yang Pernah Mengalami Fenomena Sinkhole?

Berikut ini adalah beberapa negara yang pernah mengalami fenomena sinkhole:

  1. Indonesia

Indonesia termasuk negara yang pernah mengalami fenomena sinkhole. Pada pertengahan 2022 lalu, warga Desa Mandalamukti, Bandung, Jawa Barat digegerkan dengan kemunculan lubang berdiamter satu meter.

Sinkhole tersebut muncul lantaran ada erosi dan drainase air bawah tanah yang disebabkan oleh aktivitas manusia di sekitarnya.

  1. Jepang

Sinkhole pernah tiba-tiba muncul di persimpangan dekat stasiun Hakata, Fukuoka Jepang. Peristiwa ini terjadi pada 8 November 2016.

Dikutip dari The Guardian, kala itu tiba-tiba sinkhole muncul di tengah jalan yang awalnya ambles sekitar 7 cm. Akan tetapi, lama kelamaan lubang semakin besar sehingga jalan harus ditutup.

  1. China

Selain Indonesia dan Jepang, fenomena sinkhole juga pernah terjadi di China pada tahun 2013. Sebuah lokasi di dekat konstruksi kereta bawah tanah di kota Guangzhou tiba-tiba ambles. Lubang tersebut berukuran sekitar 1.000 kaki persegi dan kedalamannya sekitar 30 kaki.

Demikian informasi tentang apa itu sinkhole. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan pembaca setia VOI.ID.