Mengapa Kucing Suka Mencakar Sofa? Temukan 4 Alasannya di Sini

YOGYAKARTA – Kucing merupakan hewan peliharaan yang sering menunjukkan perilaku alami mereka, salah satunya adalah mencakar atau menggaruk sofa dan furniture lainnya. Banyak pemilik kucing yang merasa frustrasi karena sofa kesayangan mereka sering rusak akibat cakaran kucing. Namun, perilaku ini sebenarnya merupakan hal yang normal bagi kucing. Lantas, mengapa kucing suka mencakar sofa? Artikel ini akan membahas alasan di balik perilaku tersebut.

Mengapa Kucing Suka Mencakar Sofa

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah alasan mengapa kucing suka menggaruk sofa dan furniture lainnya.

  1. Untuk menandai wilayahnya

Kucing adalah hewan teritorial yang suka menandai area tempat tinggal mereka. Salah satu cara yang digunakan kucing untuk menandai wilayahnya adalah dengan mencakar benda-benda di sekitarnya, termasuk sofa.

Saat mencakar, kucing tidak hanya meninggalkan bekas cakaran fisik, tetapi juga aroma dari kelenjar yang terdapat di antara telapak kaki mereka. Ini menjadi tanda bahwa area tersebut adalah bagian dari wilayah kekuasaan mereka.

  1. Menjaga cakarnya

Mencakar atau menggaruk termasuk perilaku alami kucing untuk menjaga cakarnya agar tetap dalam kondisi baik. Kebiasaan ini merupakan bagian dari naluri kucing sebagai predator.

Kucing juga menggaruk untuk menajamkan kukunya, membuang lapisan lama pada permukaan luar kuku dan memperlihatkan bagian kuku baru yang tajam di bawahnya.

Nah, sofa yang empuk dan memiliki tekstur yang nyaman bagi kucing menjadi tempat yang ideal untuk melakukan aktivitas ini.

  1. Menghilangkan stres dan bosan

Alasan kucing suka menggaruk sofa atau furniture lainnya yakni untuk menghilangkan stres dan bosan.

Asal tau saja, kucing juga bisa stres dan bosan. Ketika kucing merasa gelisah atau cemas, mereka cenderung mencari benda untuk dicakar sebagai cara melepaskan energi negatif. Sofa yang empuk sering menjadi sasaran karena teksturnya yang nyaman dan mudah dicakar.

  1. Meregangkan otot

Alasan lainnya kenapa kucing memiiki kebiasaan menggaruk sofa adalah untuk meregangkan otot-otot puggungnya sembari melemaskan kaki dan cakarnya.

Cara Mengatasi Kebiasaan Kucing Mencakar Sofa atau Furnitur Lainnya

Cara mengatasi kebiasaan kucing mencakar sofa atau furniture lainnya di rumah adalah dengan menyediakan alternatif yang disukai kucing.

Terkait hal ini, Anda bisa menyediakan tiang garukan. Tempatkan tiang garukan yang cukup tinggi supaya kucing Anda bisa meregangkan tubuh sepenuhnya, dan wajib memiliki alas yang kokoh.

Menyadur laman PetMD, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan kucing mencakar sofa atau perabotan lainnya di rumah:

  • Sediakan tiang garukan dengan bahan yang cocok dengan kucing Anda, misalnya kain pelapis, tali sisal, karpet, kayu, atau kardus.
  • Letakkan tiang garukan di tempat yang tepat, misalnya di dekat sofa atau perabotan yang biasanya dicakar, atau di dekat tempat tidurnya.
  • Mengenalkan kucing dengan tiang garukan agar kucing bisa belajar menggunakannya dan tidak lagi menggaruk sofa atau furniture.
  • Jika perilaku mencakar berlebihan, mungkin ada sedikit kecemasan yang terjadi. Konsultasikan dengan dokter hewan agar mendapatkan penanganan.
  • Berikan pengayaan yang cukup kepada kucing yang cemas atau bosan untuk membantu meminimalisir kebiasaan mencakar yang berlebihan.

Demikian jawaban dari pertanyaan mengapa kucing suka mencakar sofa. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan pembaca setia VOI.ID.