KPK Bantah Dapat Tekanan Saat Cari Tahu Jet Pribadi Kaesang

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tak ada tekanan dalam upaya mengusut penggunaan jet pribadi anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. Dipastikan proses yang berjalan akan tetap berlanjut.

Hal ini disampaikan Juru Bicara KPK Tessa Mahardika usai menyampaikan pengusutan penggunaan jet oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bakal fokus lewat pengaduan masyarakat.

“Sama sekali tidak ada tekanan,“ kata Tessa kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan yang dikutip pada Kamis, 5 Agustus.

Tessa menuturkan sejak awal Wakil Ketua KPK Alexander Marwata juga bilang Kaesang bisa mendeklarasikan masalah jet pribadi ini sehingga tidak menimbulkan polemik. Sikap ini sebenarnya masih ditunggu komisi antirasuah.

Dia juga memastikan langkah mengusut dugaan penerimaan fasilitas lewat pengaduan masyarakat untuk membuktikan lembaganya tak sewenang-wenang. “Jadi bukan berarti menggebu-gebu atau tidak,” tegasnya.

“KPK bekerja berdasarkan kerangka hukum berdasarkan kewenangan dalam undang-undang,” sambung juru bicara berlatar belakang penyidik tersebut.

Adapun saat ini sudah dua laporan masyarakat yang masuk, yakni dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun. Keduanya sama-sama melaporkan penggunaan pesawat jet oleh anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut saat plesiran ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono.

Dalam laporannya, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyampaikan sebuah MoU kerja sama antara Pemkot Solo dengan PT Shopee Indonesia Internasional terkait pengembangan UMKM. Ia menduga pesawat jet yang digunakan Kaesang dan istrinya difasilitasi oleh perusahaan tersebut.

Sementara dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidillah Badrun melaporkan gaya hidup mewah Kaesang bersama istrinya yang menggunakan private jet ke Amerika Serikat.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan gara-gara naik pesawat jet pribadi ke Amerika Serikat. Menantu Jokowi tersebut juga mengunggah gaya hidup mewah seperti makan roti Rp400 ribu hingga beli stroller bayi seharga puluhan juta saat di AS.