Jelang Peluncuran, Suzuki Persiapkan Instalasi Pengisian Daya untuk Model eVX 

JAKARTA - Model eVX dijadwalkan meluncur pada Januari 2025 dan akan menjadi kendaraan listrik (EV) pertama dari Suzuki setelah diperkenalkan secara konsep pada Auto Expo 2023 di India.

Dilaporkan juga bahwa eVX versi produksi akan meluncur pada Bharat Mobility Expo pada awal tahun depan. Menjelang kehadirannya, pabrikan berlogo ‘S’ menyediakan stasiun pengisian daya di jaringan dealer India.

Dikutip dalam media Gaadiwaadi, Rabu, 4 September, Suzuki mulai mendirikan stasiun pengisi daya EV pada jaringan dealer premium Nexa.

Ini terlihat ketika fasilitas tersebut tertutupi kain putih sembari menunggu peluncuran perdana dari eVX. Sayangnya, masih belum ada informasi lebih lanjut mengenai kekuatan yang dimiliki oleh pengisi daya tersebut.

Suzuki eVX akan dirakit di India dan akan diekspor ke berbagai wilayah di seluruh belahan dunia, termasuk Eropa.

Pabrikan akan memprioritaskan model ini untuk pasar Eropa dan Jepang yang kompetitif. Kemudian, produksinya diperkirakan akan dimulai pada awal tahun ini dan sebagian besar unitnya akan ditujukan untuk ekspor dengan dengan diproduksi sebesar 1.500 unit per tahun.

Beberapa kali mobil ini tertangkap kamera sedang diuji jalan dengan selimut kamuflase. Yang terakhir, mobil ini diketahui sedang melaksanakan uji coba dengan pelek terbaru yang diyakini akan dibawa ke versi produksi.

Mobil SUV ini juga memiliki desain yang khas dengan sepatbor yang menonjol, bemper depan yang kokoh, kap mesin yang terpahat, dan lampu belakang yang lebar. Sementara bagian sampingnya terlihat kokoh dengan tambahan sayap belakang kecil menggantung di atas kaca belakang.

Suzuki eVX akan dibekali dengan sejumlah fitur menarik seperti kursi depan berventilasi, IRVM peredupan otomatis, mode penggerak putar, enam airbag sebagai standar, panel sunroof, sistem kamera 360 derajat, dan ADAS.

Dibangun di atas platform milik Toyota, yakni 27PL, SUV tersebut diperkirakan bakal hadir dengan dua varian baterai dengan 40 kWh dan 60 kWh. Dikabarkan bahwa kendaraan tersebut dapat berjalan hingga 550 km dalam sekali pengisian daya.

Menurut kabar yang beredar, Suzuki eVX juga didukung dengan sistem pengisian daya cepat dan fitur Vehicle-to-Load (V2L) dan ditawarkan dengan motor listrik tunggal dan ganda.