Google Luncurkan Fitur Unggah File di Aplikasi Gemini Android dan iOS

JAKARTA – Sejak pertama kali diluncurkan, aplikasi Gemini di perangkat seluler hanya mendukung pengunduhan gambar. Kini, aplikasi chatbot tersebut mendapatkan dukungan baru untuk mengunggah file.

Kemampuan ini sudah banyak dinanti karena aplikasi chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) seperti Claude dan ChatGPT bisa mengunggah file. Meski sedikit terlambat, Gemini akhirnya bisa merespons pertanyaan terkait file yang diunggah pengguna.

Dikutip dari laporan 9to5google, kemampuan ini hanya tersedia bagi para pengguna Gemini Advanced. Di kotak ajukan pertanyaan, pengguna akan melihat ikon baru di deretan ikon mikrofon, kamera, dan Gemini Live. Ikon berbentuk plus ini akan menampilkan tiga opsi saat diketuk.

Opsi tersebut adalah Unggah File, Unggah dari Galeri, dan Unggah dari Drive. Khusus untuk Gemini di perangkat iOS, pengguna tidak akan melihat opsi Unggah dari Drive. Jika pengguna iOS ingin melihat opsi tersebut, mereka harus beralih ke situs web Gemini.

Ada beberapa jenis file yang bisa diunggah ke aplikasi Gemini, di antaranya file teks biasa atau TXT, berkas seperti DOC, DOCX, PDF, RTF, DOT, DOTX, HWP, dan HWPX, dokumen yang dibuat di Google Docs, hingga file data tabular berupa CSV dan TSV.

Aplikasi ini juga mendukung file excel dengan kode XLS dan XLSX serta spreadsheet yang dibuat di Google Sheets. Pengguna bisa mengunggah 10 file dalam satu waktu dan masing-masing file harus kurang dari 100 MB.

Kemampuan baru ini mulai diluncurkan di perangkat Android dan iOS pada Rabu, 4 September. Jika pengguna tidak melihat fitur baru ini di aplikasi yang mereka gunakan, perbarui aplikasinya terlebih dahulu atau tunggu hingga peluncuran selesai dilakukan.