Maju Pilkada 2024, Menteri Asal PDIP Pramono Anung dan Risma Mundur dari Kabinet Jokowi

JAKARTA - Bakal calon gubernur dari PDI Perjuangan (PDIP), Pramono Anung dan Tri Rismaharini mengumumkan rencana mundur dari jabatan menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pramono sendiri mengaku memberikan pengumuman pada bulan ini (September), tetapi waktu pengajuan pengunduran diri kepada Presiden Jokowi masih dirahasiakannya.

“Ada dong pasti, pokoknya pada waktunya saya umumkan, pasti bulan ini,” kata Pramono di Museum MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa kemarin.

Sementara itu, bakal calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno ikut menimpali rencana Pramono mundur. Ia menyebut bulan depan sudah mulai tahapan kampanye.

“Soalnya nggak bisa lagi musti bulan ini, bulan depan udah mulai kampanye," ujar Rano.

Sementara, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini resmi berpamitan dengan partner kerjanya, Komisi VIII DPR saat rapat dengar pendapat (RDP) di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa kemarin. Risma berpamitan karena segera mengundurkan diri dari jabatan mensos untuk mengikuti Pilgub Jawa Timur

"Terima kasih bapak ibu sekalian, saya mohon izin, dan mohon pamit. Mohon maaf kalau ada kesalahan saya, selama saya menjadi mensos dan mohon doa restu, meskipun bingung mohon doa restu, mudah-mudahan yang terbaik, insyaallah yang terbaik bagi Allah, yang terbaik bagi saya," ujar Risma saat RDP dengan Komisi VIII DPR.

Risma juga tidak lupa menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan atau masalah selama menjadi mensos khususnya saat rapat dengan DPR. Menurut Risma, Komisi VIII DPR merupakan mitra kerja Kementerian Sosial (Kemensos) yang layak diapresiasi.

"Terima kasih saya mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan baik sengaja maupun tidak. Karena kadang saya suka ngeyel pak. Saya mohon maaf sekali. Mohon maaf dan terima kasih selama ini saya mendapatkan partner yang luar biasa di Komisi VIII, saya matur nuwun dan terima kasih pengalaman yang luar biasa bagi saya pribadi khususnya," ungkap Risma.

Diketahui, PDIP telah resmi mengusung Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans sebagai pasangan cagub dan cawagub di Pilkada Jawa Timur 2024. Risma-Gus Hans harus berjuang keras memenangi kontestasi Pilgub Jatim karena mereka harus berhadapan dengan pasangan petahana, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.