Firefox Akan Luncurkan Fitur Picture-in-Picture Otomatis

JAKARTA – Mozilla akan meluncurkan Firefox 130 pada 3 September yang akan datang. Saat pembaruan ini diluncurkan, Mozilla akan menyertakan berbagai fitur baru, termasuk pembaruan untuk fitur Picture-in-Picture.

Fitur ini sudah diperkenalkan pada Juli lalu. Saat pengguna memutar video di Firefox dan beralih ke tab atau aplikasi lain, video akan tetap muncul di layar berkat Picture-in-Picture. Video ini akan ditampilkan dalam jendela terpisah yang lebih kecil.

Meski fitur ini sudah diluncurkan, pengguna harus mengeklik ikon Picture-in-Picture secara manual agar video bisa berjalan di luar layar pemutaran. Namun, dalam waktu dekat, pengguna tidak perlu mengaktifkan ikonnya secara manual karena sistemnya akan diubah.

Dilansir dari How to Geek, pembaruan Firefox 130 akan membuat Picture-in-Picture aktif secara otomatis saat pengguna mengeklik tab baru. Dalam jendela pemutaran video, pengguna bisa menyingkirkan atau memperbesar jendelanya kapan pun mereka mau.

Jika ingin menghilangkan jendela mengambang dari pemutaran video, pengguna bisa mengeklik tanda silang di sudut kiri atas. Jika pengguna ingin memperbesar layarnya untuk melihat video dalam mode layar penuh, Firefox juga menyediakan ikon khusus di sudut kanan atas.

Selain mengubah sistem Picture-in-Picture, Firefox 130 akan mendukung batasan pencarian dengan mengetik simbol et di bilah pencarian, memilih cerita dan artikel yang ingin dibaca di Tab Baru, peluncuran tab vertikal, dan sistem manajemen profil terbaru.

Pembaruan ini juga akan memperbaiki masalah bug. Jika pengguna ingin mencoba fitur Picture-in-Picture saat ini, mereka bisa mengunduh versi beta Firefox Nightly. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini masih tahap uji coba sehingga beberapa masalah mungkin muncul di versi ini.