Kecelakaan Pemotor Tinggi, Kepolisian Inggris Pinjam BMW M1000RR demi Promosikan Keselamatan Berkendara

JAKARTA - Kepolisian Inggris, tepatnya di North Yorkshire turun ke jalan raya dengan membawa motor berperforma tinggi BMW M1000RR. Kendaraan ini digunakan sebagai sarana mempromosikan keselamatan berkendara.

Melansir dari Motorcyclenews, Senin, 26 Agustus, motor ini dipinjamkan kepada pihak kepolisian dan digunakan sebagai alat interaksi untuk berbicara dan mendorong para pengendara untuk mengendarai sepeda motornya dengan lebih bijaksana.

Kepolisian setempat mengatakan bahwa keselamatan jalan raya bagi pesepeda motor sangat penting, terlebih lagi roda dua menyumbang 20 persen kematian di jalan raya di wilayah tersebut pada tahun 2021 lalu.

“Kami memiliki beberapa pemandangan menakjubkan di North Yorkshire, dan kami ingin semua orang yang menggunakan jalan raya akhir pekan ini menikmati perjalanan mereka sekaligus pulang dengan selamat,” kata kepolisian.

Inspektur Roads Policing Group Clive Turner, mengatakan operasi ini merupakan salah satu dari sekian pendekatan yang diambil pada tahun ini agar semakin menyadarkan pengendara untuk selalu bertanggung jawab di jalan raya.

“Operasi ini adalah salah satu dari beberapa pendekatan berbeda yang kami ambil tahun ini untuk melibatkan komunitas sepeda motor guna mendorong pengendaraan yang bertanggung jawab,” ucap Turner.

Ini bukan pertama kalinya kepolisian North Yorkshire menggunakan motor berperforma tinggi sebagai kendaraan operasional. Pada tahun lalu, mereka menggunakan Kawasaki Ninja H2 SX Supercharged di jaringan jalan raya.

BMW M1000RR merupakan versi tertinggi dari model S1000RR. Motor tersebut merupakan yang pertama mengusung nama awalan ‘M’ yang biasanya diasosiasikan dengan mobil berperforma tinggi dari BMW.

Model ini mengalami beberapa peningkatan mulai dari sasis, knalpot, pengereman, hingga mesin. Fairingnya memiliki sayap kecil yang memaksimalkan aerodinamika dengan memberikan downforce lebih tinggi.

Sejak tahun 2009, S1000RR diikutkan dalam ajang balap World Superbike Championship (WSBK). Kemudian, merek dari Jerman ini memberi peningkatan pada motor ini dan merubah namanya menjadi M1000RR mulai musim kompetisi 2021 lalu.