Erick Thohir: Digitalisasi Industri Kemaritiman Perkuat Perekonomian

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, digitalisasi pada industri kemaritiman dapat memperkuat perekonomian Indonesia.

Dia menyampaikan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan jalur laut yang strategis, sektor maritim menjadi salah satu sektor vital bagi perekonomian Indonesia.

"Potensi blue economy negara kita sangat besar, bagi bangsa ini laut bukan hanya sebagai penghubung, melainkan nadi dari perekonomian, sumber kehidupan, dan simbol kejayaan. Untuk itu adanya MCP ini patut untuk diapresiasi sebagai bagian dari upaya mendukung transformasi ekosistem pelayaran nasional," ujar Erick dikutip ANTARA, Jumat, 23 Agustus.

Maritime Cloud Platform (MCP) merupakan sinergi antara IDSurvey dan Telkomsel dalam mengoptimalkan potensi ekonomi dan keberlangsungan Industri Kemaritiman Indonesia melalui transformasi digital.

IDSurvey meyakini bahwa penerapan teknologi digital ini sangat penting guna meningkatkan efisiensi operasional, keselamatan, kinerja dan manajemen kapal. Inisiatif tersebut kemudian dijalankan dengan sinergi BUMN lain, yakni dengan Telkomsel yang ahli dalam penyediaan solusi konektivitas.

Ke depannya, solusi MCP ini dapat diakses oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri sebagai ekosistem digital maritim yang memadukan tiga teknologi sekaligus diantaranya Cloud Computing, Satellite Constellation, dan Artificial Intelligent.

Direktur Utama IDSurvey/PT BKI (Persero) Arisudono mengatakan, platform ini akan sangat membantu dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran, melalui fitur information system dashboard diiringi dengan komunikasi satelit realtime yang lebih efisien dan reliable, baik antarkapal maupun dengan pusat kendali.

Menurutnya, konsep solusi MCP ini merupakan bentuk komitmen IDSurvey untuk memberikan jasa pemastian keselamatan dan ke depannya akan memberikan pelayanan yang optimal dengan memiliki beberapa keunggulan produk.

"Konsep solusi MCP ini merupakan awal dari transformasi digital industri maritim yang lebih efisien, aman dan berkelanjutan. Melalui inisiatif sinergi IDSurvey dan Telkomsel ini, diharapkan dapat meningkatkan daya saing industri sektor maritim Indonesia hingga kancah global," kata Arisudono.