Ridwan Kamil-Suswono Deklarasi Maju Pilgub Jakarta Sore Ini, Tapi kok Belum Kantongi Surat Rekomendasi?

JAKARTA - Kader Partai Golkar Ridwan Kamil dan politikus senior PKS Suswono bakal dideklarasikan sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilkada Jakarta 2024 sore ini.

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono didukung oleh 12 Partai Politik. Yakni Gerindra, PAN, Golkar Demokrat, PKS, PKB, PPP, NasDem, PSI, Perindo, Garuda dan Gelora. 

Namun meski akan dideklarasikan, ternyata pasangan Ridwan Kamil-Suswono belum mengantongi surat keputusan (SK) rekomendasi yang ditandatangani 12 Ketum parpol.

Informasi terkait belum adanya rekomendasi dari para Ketum parpol pendukung yang menamakan diri sebagai Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus itu diungkap Sekjen Demokrat, Teuku Riefky Harsya. 

Riefky mengatakan, deklarasi akan dilakukan oleh 12 Sekjen Parpol bersama DPD-DPD pada pukul 16.00 WIB di Hotel Sultan Jakarta. 

"Jadi yang kita dapat itu kan bahwa hari ini kita diundang makan siang dengan Pak RK, dengan para sekjen partai. Nah setelah itu nanti persiapan akan ada deklarasi pukul 16.00. Jadi nanti pas makan siang ini mungkin nanti ada perkembangan-perkembangan yang akan disampaikan," ujar Riefky di Hotel Sultan, Senin, 19 Agustus. 

Kendati demikian, Riefky menyebut para Ketum parpol tidak hadir dalam acara deklarasi RK-Suswono. Para Ketum, kata dia, akan berkumpul saat pemberian rekomendasi kepada Paslon beberapa hari pasca deklarasi sore ini. 

Hal ini berbeda dengan para Cakada lainnya yang langsung menerima surat rekomendasi maju Pilkada 2024 bersamaan dengan deklarasi dukungan.

"Ini kan yang diundang sekjen-sekjen partai, dan nanti yang jam 16.00 dengan ketua-ketua DPD dan pengurus DPD partai masing-masing untuk DKI. Jadi itu. Kalau saya rasa nanti ketum-ketum partai pada saat memberikan rekomendasi, Mungkin dalam beberapa hari ke depan," kata Riefky.