Jepang Open 2024: Jonatan Mundur untuk Menemani Istri Melahirkan

JAKARTA – Jonatan Christie mundur dari Jepang Open 2024 karena harus menemani istrinya Shania Junianatha yang akan melahirkan anak pertama mereka.

Pernyataan mundur dari turnamen berlevel Super 750 BWF yang akan berlangsung pada 20-25 Agustus 2024 itu disampaikan Jonatan melalui media sosial Instagram miliknya pada Senin, 19 Agustus 2024, siang WIB.

"Karena beberapa hari yang lalu kondisi istri saya sudah mulai mengalami kontraksi-kontraksi kecil dan sudah mendekati waktu HPL (hari perkiraan lahir), maka dengan ini saya memutuskan untuk mundur dari pertandingan Jepang Open agar dapat fokus menjaga dan menantikan kelahiran anak pertama saya terlebih dulu," tulis Jonatan di Instagram Story.

Jonatan Christie dan Shania Junianatha menikah pada 1 Desember 2023. Shania Junianatha atau akrab dipanggil dengan Shanju merupakan mantan personel JKT48.

"Mohon dukungan dan doanya dari teman-teman semua untuk kelancaran kelahiran anak pertama saya," demikian bunyi pernyataan lanjutan peraih medali emas Asian Games 2018 itu.

Keputusan yang dibuat oleh Jonatan membuat nomor tunggal putra Indonesia di turnamen tersebut tersisa Chico Aura Dwi Wardoyo dan Anthony Sinisuka Ginting.

Total, Indonesia punya 10 wakil di sana dari sebelumnya 12 wakil yang masuk dalam undian. Satu wakil lainnya yang juga ikut mundur adalah Gregoria Mariska Tunjung yang terkena cacar air.

Jumlah wakil Indonesia itu tersebar di empat sektor. Hanya ganda putri yang tidak punya wakil karena pasangan andalan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga batal tampil.

Wakil-wakil Indonesia sudah cukup lama paceklik gelar di Jepang Open 2024. Terakhir kali pebulu tangkis Indonesia yang bisa juara di sana ialah ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, pada tahun 2019.

Sementara itu, sebelumnya Jonatan akan bersua Lu Guang Zu (China) di babak pertama Jepang Open 2024. Rekor pertemuan mereka pun masih imbang 1-1.