Soal Duet Anies-Rano Karno di Pilgub Jakarta, PDIP: Aspirasi Akar Rumput

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkap peluang duet Anies Baswedan dengan Ketua DPP PDIP Rano Karno di Pilgub Jakarta 2024.

Hasto mengaku pemasangan mantan Gubernur DKI Jakarta dan mantan aktor Si Doel di Jakarta merupakan usulan dari kader dan konstituennya.

"Ya itu ada aspirasi misalnya dari akar rumput untuk Mas Anies dan Si Doel anak Betawi, Mas Rano Karno. Itu merupakan ekspresi dari arus bawah," kata Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Agustus.

Di satu sisi, Hasto mengaku partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu belum menentukan peta pencalonan gubernur dan wakil gubernur di Jakarta, terutama kans mengusung Anies Baswedan.

"Kami sebagai partai kan punya disiplin, sehingga kami menunggu keputusan dari ketua umum," ungkap Hasto.

Sementara, sejauh ini PDIP terus mencermati suara-suara masyarakat atas dukungan pada tokoh-tokoh yang berpeluang dicalonkan di Pilkada Jakarta.

Di satu sisi, lanjut Hasto, partai banteng ini terus menggelar pendidikan maupun pelatihan kesiapan pencalonan kepala daerah hingga tim pemenangannya.

"Partai terus bergerak kami mengadakan pelatihan-pelatihan tim kampanye, pelatihan saksi, rapat koordinasi pemenangan," jelas Hasto.

"Bahkan, sudah 2.500 lebih di seluruh Indonesia kader partai yang dilatih pemenangan," lanjutnya.