Ketahanan Pangan Saja Tak Cukup, Bamsoet Ingatkan Pentingnya Strategi Besar Kedaulatan Pangan di Sidang MPR 

JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengingatkan perlunya strategi besar untuk menciptakan kedaulatan pangan. Jangan sampai Indonesia hanya mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Hal ini disampaikan Bamsoet dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2024 yang digelar pada hari ini, Jumat, 16 Agustus. Awalnya dia menyebut banyak masalah di bidang pertanian.

“Mulai dari makin sempitnya lahan pertanian...meningkatnya frekuensi hama dan penyakit tumbuhan, makin mahalnya biaya produksi serta ancaman perubahan iklim,” kata Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan.

Dengan melihat kondisi ini, Bamsoet mengingatkan perlunya menciptakan kedaulatan pangan. Apalagi, populasi penduduk dunia termasuk di Indonesia terus meningkat.

Sehingga, perlu dipikirkan caranya agar tidak terjadi krisis pangan ke depan. Jangan sampai nantinya Indonesia hanya bergantung pada bahan makanan dari luar, ungkap Bamsoet.

”Kita perlu menyiapkan strategi besar untuk menciptakan kedaulatan pangan di Indonesia,” tegasnya.

“Bukan sekadar ketahanan pangan yang acapkali mengandalkan impor bahan pangan dari luar negeri,” pungkas Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut.