Samsung Akan Luncurkan Circle to Search di Seri Galaxy A dan Tab S9 FE

JAKARTA – Circle to Search, fitur pencarian objek buatan Google, awalnya dirancang untuk ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S24 dan Pixel 8. Namun, dalam waktu dekat, fitur ini akan hadir di ponsel mid-range.

Samsung mengumumkan bahwa fitur Circle to Search akan diperluas ke seri Galaxy A, di antaranya Galaxy A55, Galaxy A54, Galaxy A35, dan Galaxy A34. Fitur ini juga akan diluncurkan ke dua seri tablet FE, yaitu Galaxy Tab S9 FE dan Galaxy Tab S9 FE Plus.

Khusus di seri Galaxy Tab S9 FE, pengguna bisa melingkari objek dengan tangan atau stylus pen. Dengan dua cara ini, pengguna akan mendapatkan pengalaman penelusuran yang lebih mudah, transformatif, dan melampaui metode pencarian Google Lens.

TM Roh, Presiden dan Kepala Mobile eXperience Business di Samsung Electronics, mengatakan bahwa perluasan fitur ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan. Samsung berusaha menghadirkan teknologi terkini ke lebih banyak pengguna Galaxy.

"Kami berdedikasi untuk menghadirkan teknologi AI terbaik di kelasnya kepada khalayak yang lebih luas, memberdayakan pengguna dengan opsi untuk bekerja lebih efisien, berkreasi lebih bebas, dan menikmati interaksi yang lebih kaya," jelas TM Roh.

Belum lama ini, Circle to Search mengalami peningkatan. Sebelumnya, fitur ini terbatas pada pencarian objek, tetapi kini pengguna bisa menerjemahkan satu halaman penuh dan memindai kode QR menggunakan Circle to Search.

Meski fiturnya hampir mirip dengan Google Lens, Circle to Search bisa digunakan tanpa berpindah aplikasi. Pengguna hanya perlu melingkari, menyoroti, atau mengetuk objek, teks, atau video yang muncul di layar. Setelah itu, Google Search akan menampilkan hasil yang relevan.