Presiden Meksiko Bakal Kirim Nota Diplomatik ke AS soal Sumbangan USAID ke Organisasi Oposisi

JAKARTA - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador akan mengirim nota diplomatik ke Amerika Serikat terkait campur tangan soal sumbangan AS kepada organisasi sipil oposisi.

Mexicanos Contra la Corrupcion y la Impunidad, LSM anti-korupsi yang mendapat pendanaan AS disebut bergerak untuk hal sebaliknya.

“Kami telah menanganinya di sini beberapa kali, sudah diumumkan tetapi sekarang kami akan menanganinya dengan cara yang tepat melalui surat yang akan saya kirimkan kepada Presiden Biden,” kata Lopez Obrador dilansir Reuters, Rabu, 14 Agustus.

“Biden telah bertindak sangat baik. Saya yakin dia tidak diberitahu mengenai situasi ini karena mereka mungkin mengatakan kepadanya bahwa dana tersebut digunakan untuk mendukung sebuah yayasan yang bertujuan memerangi korupsi di Meksiko, padahal yang terjadi justru sebaliknya,” paparnya.

Lopez Obrador tahun lalu meminta Presiden AS Joe Biden untuk menghentikan tindakan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) mendanai kelompok-kelompok yang menurutnya memusuhi pemerintahannya.