Rizki dan Veddriq, Peraih Emas Olimpiade 2024 Tiba di Indonesia

JAKARTA – Lifter Rizki Juniansyah dan atlet panjat Veddriq Leonardo, yang peraih medali emas di Olimpiade Paris 2024, tiba Indonesia pada Selasa, 13 Agustus 2024, malam WIB.

Rizki Juniansyah terbang bersama rekan lifter putri Nurul Akmal. Mereka mendarat di Bandara Soekarno-Hatta terlebih dahulu pada pukul 22:10 WIB.

Berselang lima menit kemudian, giliran Veddriq Leonardo mendarat bersama tiga atlet panjat terbing lainnya, yakni Rahmad Adi Mulyono, Desak Made Rita Kusuma Dewi, dan Rajiah Sallsabillah.

Kedua rombongan ini tiba di Ruangan VVIP Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 22.40 WIB. Mereka ditunggu oleh sejumlah pejabat.

Beberapa di antaranya Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Sekertaris Jenderal Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PBASI) Djoko Pramono, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Momen menarik terlihat ketika Rizki masuk ke dalam ruang konferensi pers. Ia berjalanan sambil berpelukan dengan sang ibu, yang sebelumnya menemani di Paris.

Rizki naik podium tertinggi dan membawa pulang medali emas setelah di final. Dia mencatat total angkatan 354 kilogram (snatch 155 kilogram dan clean and jerk 199 kilogram).

Angkatan clean and jerk tersebut mengantar Rizki memecahkan rekor Olimpiade dengan beban 199 kilogram. Sebelumnya rekor itu menjadi milik lifter China, Shi Zhyong, yang punya catatan 198 kg.

Atlet asal Serang, Banten, tersebut unggul atas pesaingnya Weeraphon Wichuma (Thailand) yang mendapat perak dan Bozhidar Andreev (Bulgaria) yang membawa pulang medali perunggu.

Sementara itu, Veddriq membawa pulang emas usai menghentikan wakil China, Wu Peng, di final. Atlet asal Pontianak tersebut finis dengan catatan 4,75 detik atau unggul 0,02 detik atas lawannya.