Jokowi Minta Semua Kota Dikonsep, Bisa Contoh California dan High Point di AS

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua kepala daerah mulai merencanakan desain dan konsep kotanya.

Konsep ini bisa berdasarkan pada potensi kota itu, seperti Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur yang dikonsep dengan kota hutan (forest city) dan kota hijau (green city).

Arahan ini disampaikan Presiden saat mengumpulkan gubernur, bupati, wali kota di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada hari ini.

"Saya kira di semua provinsi, kabupaten dan kota bisa merencanakan dan mengkonsep kotanya itu ingin dijadikan kota apa," ujar Jokowi saat memberikan arahan yang dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 13 Agustus.

Lantas, Jokowi mencontohkan kota-kota di belahan dunia yang dikonsep sendiri oleh pemerintahnya.

Seperti di California, Amerika Serikat (AS), ada kota yang khusus untuk golf. Kota tersebut memiliki total 37 padang golf, tidak ada yang lain.

Begitu pula di High Point, Carolina Utara, Amerika Serikat, yang didesain menjadi kota mebel.

"Ada High Point di North Carolina, itu hanya khusus untuk kota mebel saja. Mebel, kemana pun nggak ada kecuali hanya mebel. Kami sebetulnya punya kekuatan besar Jepara (Jawa Tengah)," katanya.

Kepala Negara pun meminta agar Kota Jepara di Jawa Tengah dikonsep serupa.

Meski pada praktiknya, kata Jokowi, pembangunan kota sesuai desain tersebut tidak bisa diselesaikan dalam satu periode jabatan bupati atau wali kota.

Namun setidaknya, lanjut dia, pembangunan berkonsep yang dimulai sekarang akan dinikmati di masa yang akan datang.

"Pak Bupati Jepara ada? Bisa dikonsep desain sejak awal, meskipun tidak selesai mungkin dalam satu periode bupati atau dua periode bupati. Tetapi perencanaannya harus ada dan detail, harus matang di situ," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi bilang setiap kabupaten dan kota seharusnya memiliki danau kecil atau embung.

"Selain memberikan estetika keindahan, keberadaan embung akan mampu menurunkan suhu panas di sebuah kota," imbuhnya.