SEC Thailand Luncurkan Sandbox Regulasi Aset Digital untuk Dorong Inovasi

JAKARTA - Dalam upaya untuk mendorong inovasi dan pengembangan layanan aset digital, Komisi Sekuritas dan Bursa Thailand (SEC) secara resmi meluncurkan Digital Asset Regulatory Sandbox pada 9 Agustus 2024 di Bangkok.

Inisiatif ini bertujuan untuk memfasilitasi pengujian dan pengembangan layanan aset digital dalam lingkungan yang terkontrol, sambil mempromosikan inovasi di pasar modal Thailand. Langkah ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi ekosistem aset digital di Thailand dan menjadikannya sebagai pusat inovasi dalam pasar modal Asia Tenggara.

Sandbox regulasi ini dirancang untuk mengakomodasi enam layanan terkait aset digital, yaitu bursa aset digital, broker aset digital, dealer aset digital, manajer dana aset digital, penasihat aset digital, dan penyedia dompet kustodian aset digital. Melalui inisiatif ini, SEC Thailand berharap dapat menciptakan wadah bagi perusahaan untuk menguji model bisnis dan teknologi baru mereka sambil mematuhi regulasi yang fleksibel.

Dikutip dari Bitcoin.com News, berdasarkan pengumuman dari SEC Thailand, “Pihak-pihak yang berminat dipersilakan untuk berpartisipasi dalam sandbox ini guna menguji layanan terkait aset digital mereka, serta mempromosikan pengembangan inovatif di pasar modal di bawah kerangka regulasi yang fleksibel.”

Para peserta sandbox akan dievaluasi berdasarkan berbagai faktor, seperti kecukupan modal, sistem kerja, struktur manajemen, dan kondisi operasional. Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta siap untuk beroperasi dalam kerangka kerja sandbox.

Selain itu, peserta harus mendefinisikan ruang lingkup layanan mereka secara spesifik untuk meminimalkan risiko dan dampak potensial selama periode sandbox, yang terbatas hingga satu tahun dari tanggal persetujuan. Namun, peserta dapat mengajukan permohonan perpanjangan untuk pengujian layanan lebih lanjut setelah periode tersebut.

Inisiatif ini mendapat dukungan positif setelah SEC Thailand mengadakan audiensi publik pada bulan Mei, di mana sebagian besar responden mendukung prinsip dan perubahan regulasi yang diusulkan. Dalam audiensi tersebut, SEC Thailand meminta umpan balik dari berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa sandbox ini dapat memenuhi kebutuhan inovasi di pasar modal Thailand.