Pat Metheny Tampilkan Kekuatan Improvisasi dalam Album MoonDial

JAKARTA - Gitaris jazz Pat Metheny telah meluncurkan album terbaru dengan tajuk “MoonDial”. Album ini merupakan rekaman ketiganya menggunakan gitar bariton.

Dalam potongan video yang diunggah di Instagram, Metheny menyebut “MoonDial” merupakan album yang istimewa secara personal.

“MoonDial adalah rekaman yang sangat istimewa bagi saya. Rekaman itu sangat pribadi, setiap detik dalam rekaman itu diisi dengan isu-isu utama bagi saya tentang apa artinya menjadi seorang musisi dalam hal sentuhan, suara, harmoni, dan melodi,” kata Pat Metheny.

“Entah bagaimana ada sesuatu tentang instrumen ini (gitar bariton) yang membuat saya benar-benar dapat fokus pada banyak hal,” lanjutnya.

Dibandingkan dengan dua album gitar bariton sebelumnya, kata Metheny, “MoonDial” menyajikan materi rekaman yang lebih variatif.

“Beberapa karya yang saya lihat cukup umum dilihat oleh para improvisator, misalnya saya memainkan versi ‘Here, There and Everywhere’, lagu Beatles, yang selain menjadi lagu yang indah, juga membuka seluruh kemungkinan dalam hal improvisasi,” ujar gitaris 70 tahun itu.

“Dan cara melewati perubahan tersebut, cara modulasinya ke bridge dan sebagainya, itulah hal-hal yang benar-benar kami improvisator jalani.”

Terdapat 13 lagu dalam album “MoonDial”. Selain cover “Here, There and Everywhere”, Metheny juga memainkan cover lagu “You’re Everything” yang dimainkan Chick Corea bersama Return To Forever.

Berikut daftar lagu album “MoonDial” dari Pat Metheny:

MoonDial

La Crosse

You’re Everything

Here, There and Everywhere

We Can’t See It, But It’s There

Falcon Love

Everything Happens To Me / Somewhere

Londonderry Air

This Belongs To You

Shōga

My Lovely And I

Angel Eyes

MoonDial - epilogue