Menpan RB Pastikan Seluruh Kementerian Pindah ke IKN

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memastikan seluruh kementerian akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN)

Dikatakan Azwar, awalnya Kemenpan RB mendapat tugas pemindahan ASN dengan beberapa menteri yang lebih dahulu pindah ke IKN dan sisanya menetap di Jakarta.

"Tapi kemudian diputuskan seluruh Kementerian pindah ke IKN. Seluruh Kementerian. Tentu dengan Deputi yang terkait langsung dengan fungsi-fungsi pemerintahan secara minimal, jadi belum seluruh Deputi dan belum seluruh asdep pindah ke IKN," ujarnya sebelum Sidang Kabinet Paripurna pertama di IKN, Senin, 12 Agustus.

Atas saran dari Presiden Joko Widodo, lanjut dia, berbagai skenario by name by adress telah disiapkan dengan menyesuaikan hunian yang disiapkan di IKN.

"Dari Hunian yang disiapkan Insya Allah sampai Oktober akan selesai 47 Tower sebagian ini 12 Tower untuk TNI Polri, sebagian untuk ASN," imbuh dia.

Ia melanjutkan, kementeriannya juga telah membuat skenario terkait hunian ASN di IKN dengan skema sharing.

"Kalau tidak sharing di bulan Oktober akan bisa pindah 3.200 ASN, tapi kalau tidak sharing ada 1.700-an," sambung dia.

Namun atas arahan Presiden dalam Rapat Terbatas (ratas), bagi ASN yg sudah menikah tidak perlu berbagi hunian dengan ASN lainnya.

"Sehingga dengan demikian jangan khawatir teman-teman yang muda yang akan pindah mereka tidak akan sharing bisa dengan keluarga dan putra putrinya," kata dia.

Ia juga memastikan akan ada sekolah yang dibangun untuk mengakomodasi kebutuhan pendidikan anak-anak ASN di sekitar apartemen.

"Akan dibuatkan sekolah di bawah, di sekitar apartemen terkait dengan kebutuhan para ASN," pungkas dia.