Zaiful Bukhori Unggul di Survei Pilkada Lampung Timur, Disusul Ella Siti Nuryamah

LAMPUNG - Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon bupati di Pilkada Lampung Timur. Hasilnya, nama Zaiful Bokhari menempati posisi teratas sebagai calon Bupati Lampung Timur.

Direktur Eksekutif LKPI, Togu Lubis mengatakan berdasarkan hasil survei dalam uji simulasi pilihan top of mind terhadap 8 nama, Zaiful Bokhari dengan 31,9 persen. Disusul Ella Siti Nuryamah 19,3 persen, Dawan Rahardjo 12,8 persen, Azwar Hadi 7,3 persen, Wahyudi 7,1 persen, Noverisman Subing 4,1 persen, Ahmad Giri Akbar 2,9 persen, Garinza Reza Pahlevi 2,3 persen, dan nama lainnnya di bawah 2 persen.

"Kemudian dalam simulasi dua calon yang akan maju pada Pilkada Lampung Timur antara Zaiful Bokhari dan Ella Nuryamah, survei menunjukan bahwa pemilih sebanyak 59,4 persen memilih Zaiful Bokhari. Sedangkan 23,2 memilih Ella Siti Nuryamah dan 17,4 persen masih rahasia," ujar Togu dalam keterangannya, Sabtu, 10 Agustus.

Survei juga menguji dua calon lainnya yang akan maju pada Pilkada Lampung Timur, yakni Dawam Rahardjo dan Ella Nuryamah. Hasilnya, sebanyak 29,9 persen memilih Dawam Rahardjo, 22,2 persen memilih Ella Siti Nuryamah, dan 47, 9 persen masih rahasia.

Togu pun menilai, Pilkada 2024 akan diwarnai fenomena munculnya calon tunggal. Calon tersebut menurutnya, bakal melawan kotak kosong pada hari pemilihan dan bisa terjadi di Pilkada Lampung Timur.

Togu mengatakan, saat uji simulasi head to head antara Ella Siti Nuryamah versus kotak kosong dalam pilkada 2024, hasilnya menunjukan responden yang memilih kartu suara dengan gambar kotak kosong sebanyak 70,3 persen. Sementara yang memilih Ella Siti Nuryamah hanya 20,6 persen dan tidak memilih 9,1 persen.

"Dan jika nantinya calon tunggal melawan kotak kosong di pilkada Lampung Timur maka tidak serta merta langsung menang. Calon tunggal harus bisa meriah 50 persen suara +1 untuk bisa jadi pemenang. Karena itu sangat menarik untuk diuji preferensi masyarakat Kabupaten Lampung Timur dalam Pilkada 2024," jelas Togu.

Sementara, dari sisi popularitas bakal calon bupati Lampung Timur, nama Zaiful Bokhari dikenal oleh 89,9 persen responden, Dawam Rahardjo 78,8 persen, Azwar Hadi 75,3 persen, Ella Siti Nuryamah 52,3 persen, dan nama lainnya di bawah 50 persen.

Survei LKPI dilaksanakan pada periode 1-8 Agustus 2024 dengan melibatkan 1.564 responden melalui wawancara tatap muka berupa kuisioner.

Populasi survei adalah para WNI di Kabupaten Lampung Timur yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah yang tersebar 24 kecamatan dan 240 desa di Lampung Timur. Survei memiliki Margin of error 2.48 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.