Sejak Punya Anak, Chua Kotak Berhenti Tambah Koleksi Bass

JAKARTA - Swasti Sabdastantri atau lebih akrab dengan nama Chua Kotak dikenal sebagai salah satu bassis yang punya banyak koleksi instrumen musik. Setidaknya, 15 bass menjadi koleksi di rumahnya.

Kegemaran mengoleksi bass sudah dimulai sejak lama, namun ketika menikah dan akhirnya memiliki anak, bassis Kota itu mulai berhenti membeli koleksi baru.

“Semenjak punya anak, koleksi bass stuck segitu aja, 15 ada, yang rusak juga banyak,” kata Chua kepada awak media di Cilandak, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

“Bukan rusak sih tepatnya, karena nggak pernah dipakai, namanya barang elektronik kan harus dipanasin, semenjak menikah kan udah jarang ngurusin, nggak serajin dulu,” lanjut Chua.

Musisi 36 tahun menyebut setiap bass yang menjadi koleksinya saat ini punya ceritanya masing-masing. Banyak barang yang didapat dengan menebus harga relatif murah.

“Sebenarnya jujur, kenapa bisa punya banyak bass, sebenarnya setiap bass punya ceritanya. Ada teman yang jual mau nikah butuh uang, ada yang anaknya lagi sakit, ya kebanyakan BU (butuh uang) rata-rata, Alhamdulillah dapat murah jadinya, rezeki saya,” katanya.

Lebih lanjut, Chua juga bicara soal perjalanannya menemukan bass yang cocok serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

“Karena udah pernah nyobain beberapa bass, ada Fender, Gibson, dan merk lain, memang aku nyantolnya sama satu bass yang merknya Musicman StingRay. Itu sudah paling cocok sama Kotak. karena ngegemukin suara gitarnya Cella,” pungkas Chua.