Lionel Messi Dicoret dari TC Timnas Indonesia U-17 karena Kualitas Belum Sesuai

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, mencoret dua nama, yaitu Lionel Messi Al Fachri dan pemain keturunan, Matthew Davis, dalam sesi pemusatan latihan (TC) pada Kamis, 8 Agustus 2024. Seusai memimpin latihan di Lapangan Senayan, Jakarta, Nova blak-blakan membeberkan alasannya.

Sebelumnya, Nova Arianto telah memanggil 32 nama pemain untuk menjalani TC yang berlangsung sejak 5 Agustus 2024.

Seluruh pemain itu merupakan wajah-wajah baru yang tidak memperkuat Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2024 di Solo, Juli 2024.

Dipanggilnya nama-nama baru itu demi menambah kekuatan Timnas Indonesia U-17 jelang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada Oktober 2024.

Lionel Messi Al Fachri menjadi salah satu nama yang terlibat seak TC awal. Namun, pada latihan yang berlangsung Kamis, 8 Agustus 2024, dia tak tampak di lapangan.

Soal itu, Nova Arianto selaku pelatih kepala mengaku memang telah mencoret sang pemain dari skuad.

"Ya, dia tidak ada di sini. Lionel Messi sudah saya kembalikan (ke klub)," kata Nova Arianto usai memimpin latihan di Lapangan Senayan, Jakarta.

Soal pencoretan Messi, Nova Arianto mengatakan secara jujur bahwa kualitas sang pemain memang belum sesuai ekspektasinya. Postur Lionel Messi juga menjadi pertimbangan lainnya.

"Secara postur dan kualitas belum sesuai dengan yang saya inginkan," kata asisten pelatih Shin Tae-yong ini.

Selain Lionel Messi, Nova Arianto juga mencoret Matthew Davis yang merupakan pemain keturunan berdarah Indonesia-Australia. Sang pemain menempati posisi bek dan bermain untuk klub asal Australia, Subiaco.

"Untuk Matthew Davis, sudah kami pulangkan juga," kata Nova Arianto lagi.

Terlepas dari dicoretnya dua nama tersebut, proses TC dan seleksi Timnas Indonesia U-17 masih akan digelar hingga akhir pekan ini.

Nantinya, pemain yang dipilih Nova Arianto akan ikut bergabung bersama penggawa Timnas Indonesia U-17 lainnya di Bali.

"Saat ini ada 30 pemain yang masih menjalani seleksi bersama kami. Kami akan pilih beberapa pemain yang nantinya bergabung bersama tim lainnya untuk TC di Bali pada 12 Agustus 2024," kata Nova Arianto.

Selama di Bali, pemain Timnas Indonesia U-17 akan melanjutkan agenda TC sebagai persiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang digelar pada 19-27 Oktober 2024.

Pada agenda Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup G bersama tuan rumah Kuwait, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara.