Teruji Secara Elektoral, Golkar Tetap Calonkan Airin Rachmi di Pilgub Banten

JAKARTA - Partai Golkar tetap akan mencalonkan kadernya, Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten 2024. Waketum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan, Airin sudah teruji secara elektoral di wilayah Banten. 

"Sejak awal, Partai Golkar memang sudah berniat mengusung Ibu Airin sebagai calon gubernur, ini sudah dipersiapkan dari tiga tahun, empat tahun yang lalu," ujar Doli di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis, 8 Agustus. 

Bahkan, lanjut Doli, Golkar telah melakukan pengujian terhadap Airin. Salah satunya, dengan mencalonkan Airin maju menjadi calon anggota DPR RI di Pileg 2024.

"Alhamdulillah Ibu Airin lolos. Dia memperoleh dukungan, cukup signifikan sekitar 350 ribuan. Jadi secara elektoral, Ibu Airin ini sudah teruji di Banten," kata Doli.

Atas dasar itu, Golkar memutuskan untuk tetap mengusung Airin Rachmi Diany maju dalam kontestasi Pilgub Banten 2024. Golkar pun terus menjalin komunikasi dengan partai politik (parpol) lain dan menawarkan proposal pencalonan Airin sebagai cagub.  

Meski begitu, Doli mengatakan, keputusan terakhir tetap berada di tangan masing-masing parpol.

"Menawarkan proposal Ibu Airin ke teman-teman Koalisi Indonesia Maju, ke teman-teman yang lain gitu loh. Nah tapi kan itu tergantung pada akhirnya keputusan atau kedaulatan dari masing-masing partai politik," kata Doli. 

"Ada yang menerima Alhamdulillah, yang tidak menerima dan kemudian mengusung nama yang lain juga tidak ada masalah. Jadi soal Banten kami sampai saat ini tetap mengusung saudara Airin sebagai calon gubernur dan semua dalam proses pematangan juga soal pencalonannya nanti termasuk dengan pasangannya siapa," pungkasnya.