Carlos Pena Pindahkan Ban Kapten Persija dari Andritany ke Rizky Ridho

JAKARTA – Pelatih Persija Jakarta resmi menunjuk kapten baru bagi tim untuk Liga 1 2024/2024. Ban kapten yang sebelumnya disematkan kepada Andritany Ardhiyasa kini jadi milik Rizky Ridho.

Kabar bahwa Andritany tak lagi mengemban status kapten untuk Liga 1 2024/2025 diumumkan Persija bersamaan dengan peluncuran skuad di Jakarta International Stadium (JIS), Rabu, 7 Agustus 2024, malam WIB.

Carlos Pena punya alasan terkait pergantian itu. Rizky Ridho dianggap sang pelatih punya latar belakang mengemban status kapten di Timnas Indonesia U-23. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah soal regulasi baru di Liga 1 2024/2025.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menetapkan bahwa hanya kapten yang bisa melakukan protes di lapangan. Mengingat Andritany adalah penjaga gawang, maka itu akan merepotkan bagi dirinya untuk keluar dari sarangnya melakukan protes.

"Alasannya karena peraturan bahwa kapten adalah satu-satunya yang bisa berbicara kepada wasit," kata Carlos Pena dikutip pada Kamis, 8 Agustus 2024.

"Jika dia (kaptennya) adalah kiper maka mustahil untuk menyeberang ke seluruh lapangan untuk melakukan protes kepada wasit," tuturnya.

Kendati Rizky Ridho telah ditetapkan sebagai kapten, Pena menyebut bahwa ketika ada protes yang akan disampaikan, maka sang bek tengah akan tetap menjalin komunikasi lebih dulu dengan Andritany.

Sang pelatih juga tetap menegaskan bahwa Andritany tetap memimpin skuad di ruang ganti.

"Keputusan kami adalah Andritany berkomunikasi dengan Ridho (ketika ada protes). Saya pikir keputusan terbaik adalah satu pemain yang bisa maju, bukan kiper. Jadi, menunjuk Ridho adalah solusinya."

"Namun, Andritany tetap seorang pemimpin yang penting di ruang ganti," tutur sang pelatih lagi.

Di sisi lain, Pena juga tidak menunjuk Andritany sebagai wakil kapten. Jabatan tersebut akan ditempati oleh Muhammad Ferarri untuk musim ini.