Badut Baru, dbatlayar Tuangkan Kisah yang Relate dengan Percintaan Remaja

JAKARTA - Dampak positif penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari ternyata memiliki efek samping tersendiri. Selain bikin overthinking, tak jarang orang juga makin mudah berasumsi, termasuk soal percintaan.

Fenomena ini menjadi inspirasi karya lagu oleh kakak beradik, David C.R. Batlayar (Dave) dan Daniel Joy Gratia Batlayar (Joy).

Mereka yang menamakan duo dbatlayar menuangkannya dalam single terbaru mereka bertajuk Badut Baru yang baru dirilis hari ini, Rabu, 7 Agustus. Lagu ini telah tersedia di semua digital streaming platform yang hadir tepat di ujung Hari Badut Sedunia atau clowns week yang diperingati tiap 1-7 Agustus.

Istilah “badut” dalam merespon fenomena ini sangat berkait dengan banyak peristiwa yang terjadi. Mulai dari percintaan hingga situasi sosial dalam masyarakat. Dave dan Joy pun berhasil mengemasnya dalam balutan lirik dan komposisi musik yang apik.

Ada harmoni yang mengingatkan kita pada pop era 2000-an. Namun penulisan lirik jadi senjata utama untuk meraih relatabilitas dengan para pendengar.

“Badut identik dengan sosok yang bisa menghibur namun hanya satu arah. Dalam lagu ini, kami memposisikan ‘badut’ sebagai sudut pandang dari pendengar lagu ini. Terutama dari sudut pandang orang yang merasa rasa cintanya mendapat balasan dari orang yang ia cintai, padahal nyatanya tidak, karena orang yang ia cintai tersebut sudah memiliki kekasih,” tutur Dave.

Lagu ini diciptakan kedua personel di rumah mereka, di bilangan Mangga Besar, Jakarta pada bulan Januari 2023. Malam itu, Joy menemukan nada sambil memainkan gitar yang direspon dengan baik oleh Dave.

“Dalam proses perekaman lagu ini, kami dibantu oleh banyak pihak. Bentuk dan ketukan dasar lagu ini diarahkan oleh kak Febri HIVI! , bass dimainkan oleh Isaiah Christov, perekaman drum dimainkan oleh kak Jessi Mates. Proses mixing kami dibantu oleh Mas Rayendra Sunito, dan mastering oleh kak Dimas Pradipta. Untuk rekaman vokal, kami diarahkan oleh mas Irvnat,” jelas Joy.

Di bawah naungan Keina Creative yang dibentuk oleh grup musik HIVI!, dbatlayar telah merilis lima lagu sejak 2020 yang lalu. Sejak kecil, mereka tumbuh dengan lagu gospel, jazz, pop, juga lagu-lagu vocal group rohani yang dikenalkan oleh kedua orangtua mereka.

“Kalau untuk inspirasi, kami mendapat banyak inspirasi dari penyanyi juga musisi Indonesia, seperti Glenn Fredly, Tompi, Chrisye maupun musisi dari luar negeri, seperti Michael Jackson, Ron Kenoly, Earth Wind & Fire, Michael Buble,” tandas Dave.