Asperda Terima Pesanan 100 Mobil dari Setneg untuk Kegiatan HUT ke-79 RI di IKN

JAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur menerima pesanan 100 unit mobil dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk kebutuhan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara.

"Kami tanda tangani dari nota kesepahaman itu permintaan ada 100 unit mobil," kata Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Rental Asperda Kalimantan Timur Damun Kiswanto dilansir ANTARA, Rabu, 7 Agustus.

Penandatangan nota kesepahaman dengan Sekretariat Presiden (Setpres) Kemensetneg tersebut, lanjut dia, mencakup pengadaan mobil untuk pergerakan tamu negara dan very very important person (VVIP) acara kenegaraan di Kota Nusantara.

"Setpres Kemensetneg juga sudah membayar uang muka 50 persen," tambahnya.

Acara kenegaraan yang segera digelar di Kota Nusantara yang dibangun di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), membuat permintaan mobil rental di wilayah itu meningkat.

Secara keseluruhan permintaan mobil rental jelang upacara kemerdekaan di Kota Nusantara tersebut, menurut dia, lebih kurang mencapai 1.000 unit mobil.

Maka untuk memenuhi permintaan kebutuhan mobil rental, DPD Asperda Kaltim harus menambah unit mobil dari luar daerah karena keterbatasan unit mobil rental di wilayah itu.

Dalam memenuhi keterbatasan unit mobil tersebut DPD Asperda Kaltim melakukan koordinasi dengan DPP Asperda Indonesia yang sepakat memberikan dukungan sejumlah unit mobil untuk dikirimkan ke Kalimantan Timur.

"Unit mobil didatangkan dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan dalam perjalanan menuju Kaltim," ujar Damun Kiswanto.

Mendatangkan unit mobil dari luar daerah Kalimantan Timur ada biaya pengiriman untuk satu unit mobil mencapai Rp13 juta, sehingga lonjakan harga sewa mobil tidak bisa dihindari dan terjadi sejak memasuki Agustus 2024.

"Harga sewa mobil normal Fortuner Rp2,5 juta per hari, dan saat ini Rp5 juta per hari, Hi-Ace Rp3,5 juta per menjadi Rp15 juta per hari,, Alphard biasanya Rp7 juta per hari naik cukup signifikan menjadi Rp25 juta per hari," kata Damun Kiswanto.