Jokowi Kumpulkan Kepala Daerah se-Indonesia di IKN 13 Agustus

JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyebut Presiden Joko Widodo akan mengumpulkan kepala daerah se-Indonesia, mulai dari kepala daerah definitif maupun penjabat (pj) gubernur, bupati, wali kota di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pertemuan Jokowi dengan kepala daerah dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 13 Agustus mendatang.

"Gubernur, pj gubernur se-Indonesia dikumpulkan oleh Pak Presiden. Pertama adalah bupati-wali kota pukul 9 pagi, setelah itu pukul 10 dilanjutkan para gubernur," kata Heru kepada wartawan, Selasa, 6 Agustus.

Nanti, Jokowi akan memberi pengarahan terhadap sejumlah program maupun isu strategis kepada para kepala daerah tersebut. Hal tersebut mulai dari tahapan pilkada, hingga penyusunan rencana pembangunan daerah baik jangka pendek maupun jangka panjang.

"Macam-macam, ada tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas, lantas juga bisa merealisasikan kegiatan kegiatan RPJPD (rencana pembangunan jangka panjang daerah), rencana pembangunan jangka pendek daerah. Banyak," jelas Heru.

Jokowi dijadwalkan akan berada di IKN pada 11-13 Agustus 2024, kemudian kembali ke Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Pada Senin, 12 Agustus 2024, Jokowi dijadwalkan memimpin sidang kabinet. Seluruh menteri juga sudah dipastikan menghadiri sidang tersebut di IKN.

Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyiapkan Istana Garuda dan Istana Negara di IKN untuk tempat sidang kabinet dipimpin Jokowi.

Meski tidak ingin merinci, Basuki menjelaskan pihaknya akan menyiapkan kedua istana tersebut untuk sidang bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju yang dijadwalkan pada 12 Agustus mendatang.

"Kalau itu belum tahu saya. Apa di Istana Negara atau Istana Garuda. Akan kita siapkan dua-duanya," kata Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 5 Agustus, disitat Antara.

Basuki memaparkan untuk di Istana Negara, OIKN menyiapkan empat hall atau ruangan untuk mencakup semua menteri kabinet.

Sementara itu, para menteri juga akan menginap di Hotel Nusantara di kawasan IKN yang sudah dipastikan ketersediaan infrastruktur dasarnya, seperti pasokan air, listrik hingga jaringan internet.