Soal Posisi Cawagub Pendamping Anies, PKS: Enggak Usah Berebutan, Percayakan Saja ke Kami

JAKARTA - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta Abdul Aziz meminta partai politik lain di Jakarta untuk tak perlu berambisi menentukan posisi calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pendamping Anies Baswedan.

Salah satu faktor partai-partai pengusung Anies belum resmi memberikan rekomendasi pengusungan kepada Anies karena belum ada cawagub yang disepakati.

PKS menjadi partai pemenang Pemilu Legislatif DPRD DKI Jakarta 2024 dengan peraihan jumlah caleg terpilih terbanyak, yakni 18 kursi. Sehingga, Aziz memandang PKS lebih berhak menentukan siapa pendamping Anies dalam partai koalisi.

"Enggak usah ada perebutan. Kan, paling besar (suaranya) PKS. Sudah, percayakan saja lah kepada PKS, nanti kami yang bagi-bagi," ungkap Aziz pada Minggu, 4 Agustus.

Di satu sisi, Aziz mengaku PKS tak perlu mempersiapkan strategi apapun untuk mengantisipasi kemungkinan pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang ingin mendominasi konsestasi Pilkada 2024 di Jakarta.

KIM Plus awalnya digaungkan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Koalisi pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 ini akan menggandeng partai politik lain untuk menambah kekuatan pengusungan cagub-cawagub di Jakarta.

Namun, menurut Aziz, dinamika politik masih panjang bila dilihat dari batas waktu pendaftaran cagub-cawagub pada 27-29 Agustus mendatang.

"Kan ini belum jelas calonnya siapa. Pak Anies juga belum daftar. Belum ada dukungan resmi lah dari partai-partai siapa saja yang mendukungnya. Ini waktunya kan masih panjang, masih akhir bulan pendaftarannya. Saya kira, ya, kita mengalir," jelas Aziz.

Aziz pede elektabilitas Anies terus melejit di urutan teratas hingga hari pemilihan Pilkada 2024 nanti. Menurutnya, tak akan ada tokoh lain yang mampu mengalahkan Anies dalam pertarungan Pilgub Jakarta.

"Realstis saja, ya. Partai-partai melihat elektabilitas. Siapa yang bisa lawan Anies secara elektabilitas? Saya kira belum ada yang bisa sebanding dengan beliau," imbuhnya.