10 Jenis Roti yang Cocok Dimakan Bersama Sup, Pas untuk Hidangan Malam Hari

YOGYAKARTA – Sup yang bertekstur krim, paling cocok dimakan bersama roti. Roti tidak hanya difungsikan sebagai sendok, tetapi memendarkan rasa gurih yang nyaman dan sederhana. Karena saking banyaknya jenis roti dengan rasa cenderung plain, cek jenis roti apa saja yang cocok dimakan bersama sup dalam daftar di bawah ini.

1. Roti sourdough

Jika Anda mengamati, roti yang berbahan tepung terigu atau tepung gandum ini, diolah menjadi berbagai variasi. Terdapat roti sourdough dengan gandum utuh ditambah biji-bijian terbaik, seperti wijen, biji rami, kacang kenari, hingga kwaci biji bunga matahari. Ada pula sourdough yang aromatik karena ditambahkan rempah segar dicincang, seperti rosemary.

2. Roti focaccia

Roti focaccia asli Italia yang bentuknya pipih dan mudah dibuat. Biasanya, dihidangkan bersama sup atau diracik menjadi sandwich bersama bahan isian. Teksturnya berkerak karena memang dimanfaatkan untuk melengkapi hidangan lainnya atau dilengkapi dengan condiment seperti campuran minyak zaitun dan cuka balsamic.

Ilustrasi jenis roti yang cocok dimakan bersama sup (Freepik)

3. Baguette

Roti berbentuk panjang ini, aslinya dari Prancis. Uniknya, kalau terbiasa baking hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk membuatnya. Tekstur kulit roti baguette yang renyah, kenyal, tetapi lembut di dalam bisa dicelupkan dalam sup creamy. Bisa juga dihidangkan dengan bruschetta atau salad panzanella.

4. Roti mangkuk

Pernahkah Anda menikmati mangkuk dari roti yang berisi sup, semur, queso, spaghetti, hingga ravioli? Roti yang bisa sekaligus menjadi mangkuk dalam hidangan berkuan ini, memiliki bagian luar yang sangat padat sehingga isian enggak “bocor”. Untuk variasi yang dari Prancis, mangkuk roti ini dibuat rasa bawang.

5. Roti gulung

Tidak seperti roti gulung biasa, roti gulung untuk sup ini, bentuknya mirip roti mangkuk tetapi ukurannya lebih kecil. Roti berbahan ragi, mentega, dan tepung terigu ini sangat cepat dibuat. Melansir Restless Chipotle, Rabu, 31 Juli, roti gulung dan sup sangat cocok dihidangkan saat makan malam bersama keluarga.

Ilustrasi jenis roti yang cocok dimakan bersama sup (Freepik/KamranAydinov)

6. Breadstick bawang putih

Tidak hanya enak dimakan dengan sup, tetapi roti stik dengan rasa bawang putih ini enak juga dimana tanpa tambahan apapun. Disimpan di dalam wadah kedap udara, roti ini bisa tahan selama maksimal dua hari. Untuk lebih bervariasi, Anda bisa memakan breadstick bawang putih bersama mac ‘n cheese.

7. Roti naan

Kalau Anda mencari sesuatu yang berbeda, roti yang lekat dengan masakan India ini tak kalah lezatnya jika disajikan bersama sup. Secara khusus, roti pipih ini biasa dicelupkan dalam sup dhal bayam dan kacang lentil.

Ilustrasi jenis roti yang cocok dimakan bersama sup (Freepik)

8. Roti pita

Roti pita biasanya untuk wrap dengan isian daging panggang beserta salad segar. Namun roti pipih Yunani ini, tak kalah variatifnya disajikan dalam serangkaian hidangan. Seperti ketika disajikan ebrsama sup, atau bahkan kare. Roti ini cocok dicelupkan, mengaduk, hingga menyendok berbagai macam sup. Roti pita memiliki bagian tengah yang kenyal, sehingga ketika terkena krim akan memendarkan sensasi tekstur yang unik.

9. Challah

Challah adalah roti serbaguna yang cocok melengkapi sup. Roti tradisional ini, bentuknya seperti kepang yang memiliki rasa kaya serta tekstur lembut. Maka cocok sekali dicelupkan dalam sup labu butternut, dilansir Cambell Soups.

10. Ciabatta

Sedikit berbeda dengan focaccia, ciabatta sama-sama asli Italia. Roti klasik ini diolah dengan dipanggang menggunakan teknik tertentu sehingga menciptakan tekstur renyah di luar dan lembut serta sedikit kenyal di bagian dalam.

Apakah Anda tertarik mencicipi daftar roti yang cocok dihidangkan bersama sup di atas? Atau mungkin Anda lebih tertarik membuatnya sendiri di rumah.