Anti Canggung, Begini 5 Tips Memulai Percakapan dengan Orang Baru saat Menghadiri Acara

JAKARTA - Saat berhadapan dengan orang asing, Anda bisa jadi mengalami berbagai sensasi fisik yang bisa sangat meresahkan. Perasaan ini sepenuhnya normal dan merupakan respon alami tubuh terhadap rasa takut saat menghadapi ancaman yang dirasakan. 

Jika seseorang tidak nyaman memulai percakapan, secara emosional mereka akan merasa gugup, stres, tidak aman, cemas, dan takut. Hal ini dapat terwujud dengan tanda-tanda fisik seperti wajah memerah, berkeringat, gemetar, otot tegang, detak jantung cepat, mual, sakit kepala, otot tegang, dan kesulitan berbicara. 

Meski tak mungkin menghilangkan perasaan negatif sepenuhnya yang Anda alami saat berbincang ringan. Ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk mempermudahnya.

Buat situasi jadi lebih menyenangkan

Di tengah kecemasan yang Anda rasakan, kenapa tidak coba mencairkan suasana? Caranya, coba terbuka tentang kecemasan Anda. Ketika melepaskan sesuatu yang negatif dalam diri, maka perasaan negatif itu perlahan akan menghilang.

"Buatlah lelucon tentang betapa canggungnya Anda sebenarnya dan Anda akan kagum melihat betapa banyak orang yang benar-benar bisa memahami Anda! Anda akan mendengar desahan lega dari orang banyak yang tidak diduga," kata Sarah Sanders, Duta Kesehatan Mental, Milton Recovery Center disadur Very Well Mind, Rabu, 31 Juli.

Bantu tuan rumah

Menawarkan bantuan di sebuah pesta atau acara kantor dapat memberikan beberapa manfaat. Bantuan membuat Anda tetap sibuk, memungkinkan Anda berbaur dengan tamu lain saat Anda mempersiapkan pesta. Dan bahkan dapat memberi Anda poin tambahan karena tidak mementingkan diri sendiri.

Katakan hai!

Pada akhirnya, betapapun gugupnya Anda, hampir semua orang terbuka terhadap orang baru yang bergabung dalam percakapan. Jika ada sekelompok orang yang berdiri di sekitar, coba saja hampiri mereka dan perkenalkan diri. Katakan sesuatu seperti "Hai! Saya (nama Anda), saya tidak kenal banyak orang di sini, bolehkah saya bergabung?" Kemungkinan besar mereka akan menyambut Anda dalam percakapan dengan antusias.

Tetapkan sasaran yang realistis

Jangan berharap menjadi pusat perhatian di pesta. Namun, jika acara tersebut merupakan acara membangun jaringan, mungkin Anda dapat memutuskan terhubung dengan setidaknya dua orang saat berada di sana. Jika acara tersebut merupakan acara ulang tahun, mungkin Anda dapat menetapkan sasaran berbagi setidaknya satu cerita seru rekan yang berulang tahun. Buat target menghabiskan waktu satu jam di acara tersebut untuk berinteraksi.

Pikirkan beberapa pembuka percakapan

Sebagian dari kekhawatiran Anda saat menghadiri acara mungkin karena tidak mengetahui cara memulai percakapan. Pikirkan beberapa topik yang menarik minat atau yang Anda kuasai. Pertimbangkan cara-cara memulai percakapan dengan santai atau memadukan beberapa ide menarik ke dalam diskusi.