Sia-sia Wali Kota Paris Berenang di Sungai Seine, Pertandingan Triathlon Olimpiade 2024 Ditunda Gara-gara Polusi Air

JAKARTA - Triathlon putra di Olimpiade Paris tidak berjalan sesuai rencana pada hari ini karena tingkat pencemaran di Sungai Seine masih terlalu tinggi, kata World Triathlon.

Keputusan ini memberikan pukulan bagi penyelenggara dan membuat para atlet menghadapi lebih banyak tantangan. ketakpastian.

Perlombaan ditunda hingga Rabu, 31 Juli, pukul 10.45 waktu setempat, setelah nomor putri, yang dijadwalkan pada pukul 08.00 pagi hari itu.

Panitia sebelumnya mengatakan mereka yakin kualitas air akan membaik pada waktunya untuk perlombaan setelah hujan lebat pada Jumat dan Sabtu lalu mengotori sungai.

“Meskipun terjadi peningkatan kualitas air selama beberapa jam terakhir, pembacaan di beberapa titik jalur renang masih di atas batas yang dapat diterima,” kata panitia pada Selasa, 30 Juli dilansir Reuters.

Paris 2024 dan World Triathlon menegaskan kembali prioritas mereka adalah kesehatan para atlet.

Jika tingkat bakteri masih terlalu tinggi pada Rabu pagi, maka perlombaan putra dan putri kemungkinan besar akan ditunda hingga Jumat, hari darurat yang disediakan untuk acara tersebut.

Jika pada hari Jumat kualitas air masih kurang baik maka cabang renang akan dibatalkan dan para atlet akan bertanding dalam duathlon.

Untuk nomor estafet Triathlon campuran pada 5 Agustus, hari daruratnya adalah 6 Agustus.

Pihak berwenang di Paris telah berjanji menjadikan Sungai Seine sebagai warisan utama Olimpiade, dan menghabiskan 1,4 miliar euro (1,51 miliar dollar AS) untuk infrastruktur air limbah guna menampung limbah dan meminimalkan tumpahan ke saluran air.

Wali Kota Paris Anne Hidalgo sendiri sempat berenang di sungai tersebut awal bulan ini, dalam upaya untuk meyakinkan mereka yang ragu.

Pertaruhan sungai Seine akan cukup bersih pada hari triathlon tidak pernah membuahkan hasil, terutama karena kualitas air sangat bervariasi dari hari ke hari.

Hujan secara signifikan meningkatkan konsentrasi bakteri penyebab infeksi seperti E. coli dan enterococci.