Bagikan:

JAKARTA – Uji coba cabang olahraga triathlon dalam Olimpiade Paris 2024 dibatalkan. Pelombaan yang seharusnya digelar di sepanjang Sungai Seine itu batal digelar karena alasan kualitas air.

Triathlon melombakan tiga disiplin, yaitu: renang, lari, dan sepeda. Lari digelar di jalanan Kota Paris, sementara renang di Sungai Seine. Uji coba lomba seharusnya digelar pada Minggu 28 Juli, namun urung dilaksanakan karena alasan polusi.

Tingkat polusi Sungai Seine diberitakan meningkat, seiring pergelaran Olimpiade Paris 2024 dimulai. Hingga menjelang pelaksanaan lomba, kualitas air tersebut digolongkan di bawah standar. Hujan yang turun sepanjang pembukaan Olimpiade pada 26 Juli, disebutkan sebagai penyebab penurunan kualitas air Sungai Seine.

Selama lebih dari seabad, larangan berenang diberlakukan di Sungai Seine karena sudah tercemar polusi. Panitia Olimpiade Paris bekerja keras, menghabiskan dana hingga 1,3 miliar euro atau lebih dari Rp230 triliun untuk membersihkan sungai dan meningkatkan kualitas air agar dapat digunakan untuk Olimpiade.

Dua pekan sebelum upacara pembukaan digelar Wali Kota Paris, Anne Hidalgo, berpromosi dengan cara berenang di Sungai Seine. Hidalgo ingin mengabarkan bahwa sungai itu sudah aman untuk aktivitas berenang, setelah dibersihkan sejak 2015 demi persiapan Olimpiade.

Triathlon akan mulai dilombakan pada 30 Juli, dengan menampilkan nomor indivual pria. Selanjutnya nomor individual putri digelar pada 31 Juli, terakhir nomor estafet campuran digelar pada 5 Agustus.