Apple Patenkan Teknologi Pengganti Kaca Spion Mobil dengan Kamera dan Proyeksi ke Kaca Depan

JAKARTA - Proyek Apple Car mungkin sudah dihentikan, namun masih ada kemungkinan teknologi Apple akan diterapkan pada mobil yang diproduksi oleh perusahaan lain. Salah satu paten Apple yang menarik adalah teknologi untuk menggantikan kaca spion mobil dengan kamera, yang gambarnya diproyeksikan ke kaca depan.

Sebelumnya, proyek Apple Car yang berlangsung lebih dari satu dekade resmi dihentikan pada Februari lalu. Pengumuman ini disampaikan oleh COO Apple, Jeff Williams, dan Kevin Lynch, yang memimpin proyek tersebut sejak 2021. Keputusan tersebut diambil setelah proyek ini mencapai titik "make-or-break" di dalam Apple, di mana CEO Apple, Tim Cook, juga menghadapi tekanan dari pemegang saham untuk membuat keputusan.

Meskipun proyeknya dihentikan, paten-paten terkait mobil terus muncul, menimbulkan pertanyaan tentang apa yang akan terjadi dengan teknologi potensial tersebut. Apakah Apple akan membiarkannya begitu saja, atau akan mencoba memulihkan investasi dari Project Titan dengan menjual paten atau lisensi kepada produsen mobil?

Ide menggantikan kaca spion dengan kamera bukanlah hal baru. Honda telah meluncurkan sistem ini sebagai opsi pada tahun 2019. Namun, sistem saat ini menampilkan umpan kamera pada layar dashboard. Paten Apple yang terungkap oleh Patently Apple ini mengusulkan untuk memproyeksikan gambar tersebut langsung ke kaca depan.

Menurut Apple, pengemudi harus melihat ke arah lain dari kaca depan untuk memeriksa kaca spion sebelum berpindah jalur, mengerem, atau mengambil tindakan lain. Jika tidak berhati-hati, risiko tabrakan dapat meningkat saat pengemudi tidak fokus pada kaca depan untuk memeriksa kaca spion.

Kamera juga memiliki beberapa keuntungan lain dibandingkan kaca spion. Pertama, kamera dapat mengurangi hambatan, yang berdampak pada efisiensi bahan bakar dan jarak tempuh yang lebih baik. Kamera juga memberikan sudut pandang yang lebih luas, sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan titik buta.

Selain itu, kamera menawarkan visibilitas yang lebih jelas dalam kondisi cuaca buruk, seperti hujan, dan dapat menghilangkan silau dari lampu depan di malam hari. Penglihatan malam secara umum juga lebih baik karena kamera dapat menyesuaikan eksposur. Bahkan, ada potensi untuk penyorotan otomatis terhadap ancaman, dan tentu saja tampilan yang lebih ramping.

Apple telah menghasilkan banyak ide keren selama lebih dari sepuluh tahun bekerja pada proyek mobil. Beberapa contoh diantaranya adalah paten Apple Car yang menggambarkan pencahayaan dalam mobil yang benar-benar pintar, paten mobil self-driving Apple yang menggambarkan bagaimana mobil bisa menentukan tujuan pengemudi, tampilan eksternal Apple Car yang bisa menggunakan teknologi hi-viz untuk memberi saran kepada pengguna jalan lainnya, serta setir dan pedal yang dapat ditarik kembali yang dipatenkan oleh Apple untuk mobil otonom Level 4.

Fakta bahwa paten terus muncul bukan berarti perusahaan masih mengerjakan teknologi tersebut. Aplikasi paten membutuhkan waktu, dan kemungkinan besar hanya sedang dalam proses. Namun, akan sangat disayangkan jika semua inovasi ini hilang begitu saja. Jadi, akan sangat baik jika Apple menjual atau melisensikan beberapa paten yang lebih menarik kepada produsen mobil yang ada.