Bahlil Janjikan Muhammadiyah Dapat Lokasi Tambang Terbaik

JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menjanjikan pemerintah akan memberikan lokasi tambang terbaik untuk dikelola Muhammadiyah.

Lebih lanjut, Bahlil mengungkapkan pihaknya menyiapkan enam lahan tambanh bekas Perjanjian Karya Pengusahaan Partambangan Batu Bara (PKP2B) untuk organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan yang ada di Indonesia.

Khusus untuk Muhammadiyah, Bahlil mengatakan lahan yang disiapkan pemerintah di luar dari Kaltim Prima Coal (KPC).

“InsyaAllah untuk Muhammadiyah kita akan memberikan dari ekspek ke-2b yang paling bagus di luar daripada KPC,” katanya saat ditemui di kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Senin, 29 Juli.

Namun, Bahlil mengaku untuk detail lokasi pertambang yang akan diberikan kepada Muhammadiyah belum bisa diungkap. Dia bilang akan melapor terlebih dahulu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nanti saya laporkan ke presiden dulu,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung mengungkapkan pihaknya masih belum mementukan bekas lokasi tambang mana yang akan diberikan kepada Muhammadiyah. Namun, dipastikan lokasinya adalah yang terbaik.

“Jadi untuk Muhamadiyah ini kita carikan lokasi terbaik. Kandungan mineral yang ada juga kira-kira secara ekonomis bisa mendukung apa yang dimaksudkan oleh pemerintah,” ujar Yuliot.

Yuliot menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan konsolidasi terlebih dahulu dengan badan geologi untuk mengetahui mana saja yang kandungannya yangpaling baik.

“Rencana kami juga akan coba konsolidasi dengan badan geologi terlebih dulu. Jadi dari usulan lokasi, mungkin secara luasan juga kita prospek, tapi kandungan yang ada belum tentu. Jadi kami masih harus konsolidasikan data-datanya terlebih dahulu,” katanya.

“Dan juga dari Muhammadiyah nanti kami akan sampaikan. Jadi ada beberapa alternatif lokasi. Dari alternatif lokasi ini mana yang mereka usulkan untuk dipilih,” sambungnya.