Balas Pesan Kim Jong-un, Presiden Lukashenko Bakal Perluas Kerja Sama Belarusia - Korea Utara

JAKARTA - Presiden Belarusia menyerukan "kerja sama yang lebih luas" dengan Korea Utara dalam sebuah pesan yang dikirim kepada Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, kata kementerian luar negeri Pyongyang pada Hari Jumat.

"Saya tegaskan, saya akan berupaya untuk lebih memperluas kerja sama dengan DPRK agar penuh dengan konten baru, dan program bersama yang memberikan manfaat bersama bagi peningkatan kesejahteraan rakyat di negara kita," kata Presiden Belarusia Alexander Lukashenko seperti dikutip dalam surat yang dikirim pada tanggal 15 Juli, melansir The Korea Times 26 Juli.

DPRK adalah singkatan dari nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

Dalam pesan ucapan selamat yang dikirim kepada Presiden Lukashenko pada kesempatan Hari Nasional di Belarusia awal bulan ini, Pemimpin Kim mengatakan Ia yakin hubungan persahabatan tradisional negara mereka akan meluas di semua bidang sesuai dengan tuntutan zaman baru.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengungkapkan surat tersebut di situs webnya, saat Menteri Luar Negeri Belarusia Maxim Vladimirovich Ryzhenkov tiba di Pyongyang pada Hari Selasa untuk kunjungan selama empat hari.

Diplomat tertinggi tersebut telah mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Korea Utara, Choe Son-hui, melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Kim Tok-hun, bersama dengan pejabat dari kementerian pertanian, pendidikan dan kesehatan Korea Utara, mengemukakan pandangan kedua negara mungkin berupaya memperluas kerja sama di masing-masing bidang.