Menteri Basuki Sebut Tol IKN Siap Dibuka Fungsional saat Upacara 17 Agustus

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan, progres pembangunan tol akses menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) rata-rata mencapai 86,98 persen dari tiga seksi. Pembangunan ini dikebut demi mendukung kelancaran pelaksanaan HUT Ke-79 RI di IKN.

Hal tersebut diungkap saat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan IKN bersama Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga pada Senin, 22 Juli. Adapun ketiga ruas tol yang ditinjau meliputi seksi 3A, 3B dan 5A.

"Tol ini akan dibuka fungsional untuk mendukung kelancaran peringatan HUT ke-79 RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus mendatang," demikian bunyi keterangan dalam unggahan video di akun Instagram resmi @kemenpupr, dikutip Rabu, 24 Juli.

Kementerian PUPR mencatat, progres ketiga seksi jalan tol akses IKN ini di antaranya seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 kilometer (km) sudah mencapai 81,15 persen. Seksi 2 yakni, tol KKT Karingau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km telah mencapai 91,53 persen.

Terakhir seksi 5A yakni, jalan tol Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km telah mencapai 88,28 persen. Menteri Basuki mengatakan, sejauh ini tidak ada hambatan dalam pembangunan tol akses IKN.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menyebut, tiga ruas Jalan Tol IKN siap digunakan jelang pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI pada 17 Agustus mendatang.

Adapun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk merayakan HUT Ke-79 RI di IKN Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024 juga merupakan upacara selamat datang kepada ibu kota baru.

Ketiga ruas yang dimaksud yakni, Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B KKT Kariangau-Sp.Tempadung dan Seksi 5A Sp Tempadung-Jembatan Pulau Balang.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengeklaim, pembangunan ketiga ruas tol tersebut berjalan bagus.

"Progresnya bagus, sudah diaspal. Target kami pokoknya akan satu jalur, satu arah (ada) tiga lajur," ujar Danis saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.